SRI MULYANI KASIH PILIHAN, GAJI PNS DIPOTONG ATAU TAMBAH UTANG?

Posted on

Berkobar.com – Belakangan pemerintah banyak mendapat sorotan mengenai meningkatnya utang pemerintah Indonesia. Disebutkan jika utang pemerintah meroket Rp 34,19 triliun dari Rp 3.672,33 triliun pada Mei menjadi Rp 3.706,52 triliun di Juni.

Melonjaknya angka utang ini meningkatkan kekhawatiran masyarakat. Akan tetapi, pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan jika pemerintah tak mungkin menghentikan utang guna menutupi kekurangan anggaran.

MENKEU

“Misalnya lagi, apa boleh anggaran pendidikan saya potong? Anggaran kesehatan hingga anggaran MRT LRT saya potong? Tentu tidak, kan? Itulah sebabnya Pemerintah tak punya pilihan untuk menutupi kekurangan anggaran dari utang dan bukan malah menyetop utang,” jelas Sri Mulyani di depan peserta diskusi yang dilakukan di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (27/07/2017), dikutip dari cnnindonesia.com.

Ia menjelaskan jika menginginkan tidak utang, maka harus bersedia anggaran dipotong.

“Jadi kalau ingin APBN tanpa utang, maka belanja Negara harus saya potong sebanyak Rp397,2 triliun, itu kan berarti balance?” jelas Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia, dikutip dari metrotvnews.com.

Baca Selanjutnya Di Pages >> 2

loading...