KINI KEPSEK TAK LAGI DIBEBANI JAM MENGAJAR DAN HARUS SIAP DIPINDAHKAN KE SEKOLAH YANG MEMBUTUHKAN

Posted on

Berkobar.com – Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dimanapun berada, malam ini berkobar.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,

Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarna Surapranata, mengatakan tidak ada lagi pembatasan periodisasi jabatan kepala sekolah (kepsek).

“Tidak ada lagi batasan periodisasi jabatan kepsek,” kata Sumarna pada Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah SMA/SMK Sederajat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Makassar.

KINI KEPSEK TAK LAGI DIBEBANI JAM MENGAJAR DAN HARUS SIAP DIPINDAHKAN KE SEKOLAH YANG MEMBUTUHKAN

Menurut Sumarna, jabatan kepsek adalah kelompok elite manajerial di dunia pendidikan dan seharusnya tidak dibatasi oleh periode. “Kepsek ini adalah manajer sekolah, jadi tidak boleh dibatasi periode, tetapi setelah misalnya sukses menangani satu sekolah, ia bisa dipindahkan ke sekolah lain yang lebih membutuhkan,” jelasnya.

Jabatan kepsek, kini juga tidak lagi dibebani jam mengajar, kecuali pada sekolah-sekolah di daerah terpencil yang kekurangan tenaga pengajar.

“Kepsek berperan sebagai manajer, menjalankan fungsi supervisi, dan mengembangkan kompetensi kewirausahaan sehingga kepsek tidak lagi diberi tambahan jam mengajar,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi besarnya perhatian Provinsi Sulsel terhadap peningkatan kompetensi guru dan kepsek. “Sulsel adalah satu-satunya provinsi yang fokus meningkatkan kompetensi guru dan kepsek,” kata dia.

Baca Selanjutnya Di Pages >> 2

loading...