CATAT ! TK DILARANG AJARKAN CALISTUNG, INI ALASANNYA

Posted on

Berkobar.com – Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-reka guru semua dimanapun berada, malam ini berkobar.com akan membagikan informasi mengenai,,,

Kegiatan penerimaan anak didik baru di taman kanak-kanak (TK) mulai bermunculan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengingatkan larangan belajar baca, tulis, dan berhitung (calistung) untuk anak-anak TK. Orangtua diminta selektif memilih lembaga TK untuk buah hatinya.

Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ella Yulaelawati menuturkan ada banyak faktor yang menyebabkan anak-anak di TK sudah diajari calistung. Pertama adalah minimnya sarana bermain atau alat permainan edukatif (APE) di TK.

Catat, TK Dilarang Ajarkan Calistung

’’Karena tidak ada aktivititas, ya guru-gurunya mengajarkan calistung,’’ jelasnya di PAUD KM 0 komplek Kemendikbud kemarin (20/1).

Ella menjelaskan praktik calistung juga disebabkan karena permintaan orangtua. Permintaan itu muncul karena saat masuk SD sudah dilakukan ujian masuk berbasis calistung. Sehingga memunculkan efek berantai, yakni pembelajaran calistung di jenjang TK.

Dia menegaskan mengajari calistung untuk anak TK sama dengan mengajari anak-anak berjalan, padahal belum waktunya. Baginya setiap anak memiliki perkembangan otak yang khas. Sehingga tidak bisa disamaratakan untuk mengenyam pembelajaran calistung.

Ella berharap TK kembali pada jalurnya sebagai lembaga pendidikan yang menyiapkan anak untuk mandiri. ’’Sehingga siap untuk masuk SD,’’ jelasnya.

Kriteria siap masuk SD di antaranya adalah aspek sosial seperti tidak takut bertemu dengan orang baru. Kemudian kemandirian seperti berani ke toilet sediri, memasang tali sepatu, dan sejenisnya.

Baca Selanjutnya Di Pages >> 2

loading...