INI DIA MACAM TIPE-TIPE GURU YANG PALING DIBENCI MURID

Berkobar.com - Assalamualaikum wr wb dan Salam sejahtera untuk kita semua...

Seperti sebuah semboyan dalam pendidikan yaitu Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Artinya adalah seorang guru di depan harus memberi teladan, di tengah memberi ide, dan di belakang memberi dukungan. Namun apa jadinya jika seorang guru tidak memberi contoh yang baik pada siswanya, apa lagi tidak memberikan sebuah ide, justru malah hanya menyalahkan siswanya. Sudah pasti sebagian dari siswa yang kita didik seketika akan membenci bahkan selalu membicarakan kita di belakang.
Lalu apa saja sikap seorang guru yang dibenci oleh siswanya? Silahkan simak penjelasan berikut ini :

Hasil gambar untuk murid yang malas belajar dikelas
gambar ilustrasi

1. Jarang Masuk Kelas
Sikap guru yang dibenci siswanya adalah jarang masuk kelas, guru yang seperti ini biasanya lebih mementingkan kepentingannya dari pada kepentingan siswanya sendiri. Alasan lain biasanya kurang tepat waktu ketika punya jam mengajar. Selaku siswa seharusnya berhak mendapatkan materi pembelajaran dari gurunya, tetapi kalau guru yang punya jam mengajar tidak hadir dan tanpa ada keterangan sudah pasti akan dibenci para siswanya.

2. Pilih Kasih 
Sikap yang kedua adalah selalu pilih kasih pada salah satu siswanya. Hal ini dikarenakan ada siswa yang berprestasi, pintar, melaksanakan tugas dengan baik, dan faktor lainnya seperti cantik, ganteng, dan sebagainya. Sikap yang seperti ini sungguh sangat tidak diperbolehkan bagi seorang guru. Karena sikap pilih kasih ini bisa menjadikan kebijakan guru tidak lagi dihormati oleh murid-muridnya. Bahkan bisa jadi mereka akan bertindak lebih jauh, misalnya saja tidak mengindahkan perintah guru. 

3. Berpakaian Kurang Rapi
Anda pasti pernah mendengar kata-kata ini, Ajining Diri Soko Lathi, Ajining Rogo Soko Busono. Pepatah jawa ini mempunyai maksud bahwa perkataan seseorang baik dan buruk menandakan kepribadiannya, dan nilai penampilan seseorang tergantung dari pakaiannya. Seorang guru kerapian pakaian sudah menjadi kebutuhan dalam proses pembelajaran. Siswa bisa sangat senang apabila melihat gurunya berpakaian rapi dan sopan. 

4. Tidak Menguasai Materi Ajar
Seorang yang berprofesi sebagai guru tentunya memiliki kompetensi yang tinggi, salah satunya adalah menguasai materi yang akan diajarkan. Bayangkan jika kita mengajar tetapi tidak menguasai apa yang akan kita ajarkan. Tentunya materi akan kemana-mana dan siswapun tidak paham dengan apa yang kita ajarkan. Sehingga siswa akan cenderung cuek dan benci pada kita. Alangkah baiknya, jika kita sebagai guru menyiapkan terlebih dahulu materi yang akan diajarkan.

5. Suka Menyuruh
Hubungan antara siswa dan juga guru adalah merupakan hubungan fungsional akademik. Urusan mereka berkisar pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, skill, attitude, dan profesionalisme. Sikap guru yang suka menyuruh-nyuruh bisa dianggap sebagai penguasa otoriter yang bertindak egois. 

6. Berkata Kasar
Guru merupakan pembimbing, motivator, dan sebagainya, maka nasihat yang disampaikan oleh guru harus melalui perkataan yang penuh lemah lembut. Jangan sampai kita mengatakan atau menyampaikan sesuatu yang kotor apalagi kasar. Karena guru adalah tauladan bagi siswa-siswinya. Tidak boleh berkata kasar karena bisa membuat kebencian dan permusuhan pada murid-muridnya. 

7. Memberi PR Tanpa Mengoreksi Hasilnya
Hargailah pekerjaan siswa anda, salah satunya adalah pekerjaan rumah yang anda berikan pada mereka. Dengan adanya PR siswapun akan mengatur waktunya untuk mengerjakannya di rumah. Tapi, pada saat kesungguhannya disia-siakan oleh guru, maka semangat mereka akan menjadi kendor. 

8. Menghukum Seenaknya
Menghukum siswa harus didasari dengan kasih sayang, bijaksana, dan juga kearifan. Menghukum siswa juga ada aturannya tidak boleh semena-mena. Apalagi bisa mencelakai para siswanya. 

9. Susah Dimintai Tolong
Senang membantu para siswa harus menjadi salah satu karakter yang dimiliki oleh seorang guru. Dalam hal ini, menolong bisa dalam bentuk yang bermacam-macam, seperti mengunjung murid yang sedang sakit, memberikan jalan keluar dari masalah yang dihadapi siswa, membantu kesulitan siswa dalam pelajaran, dan juga mengurangi kesedihan yang dialaminya, mendoakan dan juga mendorong kesuksesan siswa.

10. Cuek di Dalam dan Luar Kelas
Sikap yang terakhir adalah cuek di dalam dan di luar kelas. Apabila guru cuek dengan siswanya, baik di dalam maupun juga di luar kelas. Maka, siswa akan segan mengunjungi gurunya di rumah pada waktu acara lebaran Idul Fitri, mengunjungi guru pada waktu sakit, dan juga pada saat keadaan penting lainnya. 

11.Suka Ngajar Pakai Power Point/Video
Apa yang salah sama guru yang ngasih pelajaran di kelas pakai bahan yang ada di power point atau berupa video? Toh sama-sama nyampein ilmu, iya nggak sih? Tapi baca dulu deh sampai kelar, pasalnya ada guru yang dateng-dateng udah bawa laptop sendiri, langsung hidupin proyektor LCD dan baru jelasin. Kelebihannya emang efisien, tapi nggak tau kenapa ya, kalo isi power pointnya nggak pernah diapdet, materinya sama itu-itu aja, guru yang begini nih, yang bikin bosen.

12.Demennya Cerita
“Saya kemarin itu ...”

“Waktu itu saya pernah ...”

Dan bla bla bla lainnya.

Udah otak capek mikir, angin dari jendela sepoi-sepoi, ditambah lullaby lagi! Duh! Enaknya tinggal tidur kan ya? Rasanya dengerin cerita guru waktu jam pelajaran itu emang kayak lagi dengerin lullaby, pengennya merem aja. Apalagi guru yang cerita suaranya kecil, halus lagi. Beuh! Jadi makin semangat buat pejamin mata aja kan!

13.Nyuruh Muridnya Baca Buku Sendiri
Nah! Yang begini nih!

“Kalian buka halaman sekian ya, saya mau nyelesaiin ini dulu.”


Waktu bapak/ibu guru ini punya tugas seabrek, nggak jarang kan mereka nyuruh kita untuk baca buku sendiri. Orang perhatiin yang ngomong aja kadang bikin ngantuk banget, ya apa lagi ini yang disuruh mantengin tulisan-tulisan di buku. Kalau mata udah kerasa pedes, rasanya pengen banget nih nempelin kepala ke meja, trus ditinggal merem deh.

14.Guru gaji Buta
Bisanya, ada guru yang suka nyuruh murid lain buat nulis materinya di papan tulis. Terus pas yang lain nyalin tulisan, si murid bakal nyalin kapan? Terus gurnya ngapain?

Kasus begini biasanya terjadi pada siswa yang menyandang gelar Sekretaris kelas. Siswa ini bakal disuruh catetin materinya di papan tulis, baru kita yang masih duduk di bangku, disuruh nyalin sendiri ke buku catetan. Kalau materinya sedikit sih ya no problem, tapi kalau banyak. Hm, jangan ditanya deh. Tangan rasanya udah nggak bisa buat digerakin lagi kalau begitu. Ya kan?

Trus saat kita lelah dengan pekerjaan ini, sang guru cuman leyeh-leyeh sambil kepala ditaruh ditangan. Kurang meremnya aja tuh!

15.Moderator!
”Yap, kalian diskusi sendiri ya, nanti ditulis trus dikumpulkan hasilnya.”

Nggak beda jauh sama tipe guru yang sukanya nyuruh baca buku sendiri, guru tipikal moderator diskusi_hmm kurang tepat karena modeartor betulan kadang masih mau bikin diskusi jadi berjalan asik dan bahkan suka nyatet kesimpulannya, tapi yang ini mah, un-modeatoring, cuma memandu abis itu pergi.

Kita cuma disuruh cari referensi materi yang lagi dibahas, trus udah gitu disuruh nulis hasil diskusi dari referensi tadi. Udah!

Nggak sedikit kan, yang kalau belajar dengan cara begini, kita nggak bakal ngeh sama materi yang baru dibahas. Hasil diskusi tiap-tiap orang kan nggak semua sama, nanti materi mana dong yang harus kita pelajari? Yang mana yang paling bener?

Kalau lagi bejo, pas kita lagi tidur, guru nggak akan tahu. Tapi ya kalau pas lagi apes-apesnya kita, kena deh tuh! Minimal sih paling cuman disuruh cuci muka biar seger, katanya. Kalau paling parah sih, hm, masuk BK kali ya?

Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari tipspendidikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.berkobar.com. Kami senantiasa memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber. Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!

0 Response to "INI DIA MACAM TIPE-TIPE GURU YANG PALING DIBENCI MURID"

Post a Comment