Bola Tangkas

PGRI : KASUS DASRUL, PELECEHAN BAGI PROFESI GURU

Berkobar.com - Assalamualaikum wr wb dan Salam sejahtera untuk kita semua...

Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) juga menyesalkan atas kejadian pemukulan terhadap guru Dasrul. Plt Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi mengungkapkan, ini merupakan pelecehan, dan penghinaan terhadap profesi  guru, sekaligus penghinaan terhadap martabat  guru.


" Jika kami (guru, red) di posisi seperti  ini maka kami khawatir para guru akan runtuh moralnya, tidak percaya diri dan apatis. Apatis untuk mendidik. Guru akan berpikir  mau mengajar sesuai kisi-kisi dan kruikulum saja,  selebihnya tidak mau karena takut. Kalau sampai ini terjadi maka akan menjadi kabar buruk bagi dunia pendidikan karena sejatinya seorang guru berfungsi untuk mendidik karakter," terang Unifah.

Menurutnya, kasus kekerasan dan penghinaan terhadap guru bukan sekali ini saja, melainkan sebelumnya juga sudah ada kasus hingga ada guru yang harus mendekam dipenjara. Namun di kasus guru Dasrul, Unifah sangat mengapresiasi Mendikbud yang menyatakan bahwa kekerasan terhadap guru tidak bisa ditolerir.

"Memang di dalam mendisiplinkan anak, kadang guru diuji kesabarannya. Anak yang bersangkutan ini bolak balik keluar, saat ditegur malah menendang. Kami ingin duduk bersama dengan KPAI dengan KPAI melihat persoalan ini dan bersikap adil.  Jangan hadapkan guru dengan anak, ini tidak sehat. Harus ada titik temu. Saya rasa Pak Menteri mengerti betul hal ini terkait di lapangan," papar Unifah.

Diakui, saat ini sering terjadi profesi guru dihadapkan dengan peringatan bahwa  siswa harus dididik dengan penuh kasih. "Akan tetapi, kami sedih jika ada kasus kekerasan yang dilakukan anak didik terhadap gurunya sering selalu berlindung di bawah UU Perlindungan Anak yang belum tentu tepat penerapanya di dalam konteks tertentu," jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Unifah, PGRI mendesak pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk membuat UU perlindungan profesi guru. Selain itu, mendesak para penegak hukum untuk tidak melakukan penangkapan ataupun proses hukum atas laporan sepihak wali murid.

"Jika terjadi pelanggaran etika profesi, utamakan musyawarah. Orangtua juga harus memberikan perhatian lebih terhadap perilaku anak-anaknya termasuk dalam mengerjakan tugas-tugas yang dismpaikan oleh gurunya. Kami pun akan terus membenahi diri," pungkasnya. 

Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari prokal. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.berkobar.com. Kami senantiasa memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber. Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!

0 Response to "PGRI : KASUS DASRUL, PELECEHAN BAGI PROFESI GURU "

Post a Comment

Agen Bola