TERKUAK... Dampak Dan Alasan Penting Usia Anak Minimal 7 Tahun Masuk Sekolah Dasar, Ayah Bunda Wajib Baca

Berkobar.com - Assalamu'alaikum wr.wb. dan salam sejahtera untuk kita semua....

Saat ini banyak SD (sekolah dasar) yang memberi syarat usia minimal 7 tahun bagi calon peserta didik. Hal ini mungkin menjadi masalah tersendiri bagi orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya yang belum genap usia 7 tahun.


"Sistem pendidikan di SD dan TK (taman kanak-kanak) berbeda. Bila anak masih TK mereka masih bebas untuk tidak masuk atau tidak terbebani oleh tugas, sedangkan anak SD sudah harus tanggung jawab dengan tugas, ulangan, dan pelajaran yang harus diikuti," kata Maria Limyati MPsi, dosen Universitas Sanata Daharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Maka dari itu, Maria menyarankan agar orang tua tidak memaksakan anak yang berusia kurang dari 7 tahun untuk bersekolah. Hal ini karena usia 7 tahun dianggap sudah matang secara emosional, motorik, kognitif, dan lebih siap saat memasuki lingkungan baru mereka.

"Jadi kalau menurut tahapan perkembangan, usia 7 tahun itu termasuk ke tahap school child (middle childhood). Sedangkan pada usia 3-6 tahun itu early childhood. Kenapa dibedakan? Karena banyak kemampuan yang berkembang secara berbeda tiap tahapan usia walaupun ada juga anak yang berkembang lebih cepat dibandingkan dengan usia seharusnya," tutur wanita yang juga sebagai Education & Counselling Coordinator di Sekolah Musik Indonesia saat dihubungi detikHealth.

Lalu bagaimana orang tua yang tetap memaksakan anak untuk bersekolah di usia yang belum cukup? Maria berpendapat anak bisa saja akan merasa tidak nyaman sehingga dapat mengganggu pelajaran di sekolah. "Butuh kematangan untuk menyekolahkan anak dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti kognitif, sosial emosi, serta fisik-motorik. Bisa saja anak terlihat menonjol dalam aspek kognitif, tapi secara emosial masih berubah-ubah, task emosional belum bagus, tanggung jawab kurang, atau kemandirian belum mumpuni," lanjut Maria.

Walaupun begitu, perempuan lulus Universitas Indonesia ini mengaku ada beberapa anak yang aspek-aspek tersebut berkembang seimbang saat usia dini. "Tapi itu nggak banyak ya. Kembali lagi, tiap anak itu memiliki perkembangan beda-beda walaupun usia sama," jelas Maria.

Baca juga info lainnya:

Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari health.detik.com. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.berkobar.com. Kami senantiasa memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber. Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!

0 Response to "TERKUAK... Dampak Dan Alasan Penting Usia Anak Minimal 7 Tahun Masuk Sekolah Dasar, Ayah Bunda Wajib Baca"

Post a Comment