Bola Tangkas

SIAP-SIAP... KURIKULUM PENDIDIKAN BARU AKAN DIBERLAKUKAN MULAI 11 JULI 2016

Berkobar.com - KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan akan menerapkan Kurikulum Tigabelas (Kurtilas). Kurtilas akan diberlakukan secara nasional di Tahun Ajaran Baru Juli 2016. Alasannya, lebih sederhana dan ringkas.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan, terdapat perbedaan pada kurikulum baru. Penilain siswa tidak lagi double. Siswa juga tak dibatasi proses berpikirnya. Misalnya SD hanya sebatas pemahaman, SMP analisa, dan SMA mencipta.“Sekarang SD bisa menciptakan sesuatu karena materinya kita satukan, tidak dipenggal-penggal lagi,” kata dia usai pengukuhkan 153 Narasumber Nasional Kurikulum 2013.


Suprayitno menyebutkan, di kurikulum baru penilaian ganda tidak diberlakukan lagi. Sebagai contoh penilaian spiritual. Yang sebelumnya diwajibkan bagi guru Matematika dan Bahasa, kini tidak lagi. Penilaian spiritual diserahkan kepada guru Agama dan PPKN. Itupun penilaiannya secara deskreptif dan tidak berupa angka.

”Guru Matematika bisa memberikan penilaian spiritual misalnya ketika melihat siswanya nyontek. Guru berhak memberikan pengetahuan spiritual dan menilai. Penilaian itu kemudian diserahkan kepada guru Agama dan PPKN,” terangnya.

Cara ini menurutnya, akan mengurangi beban guru Matematika, dan Bahasa karena tidak harus memperhatikan detik anak didiknya. ”Penilaian spiritual kami kembalikan ke titahnya. K-13 juga mengedepankan pembelajaran aktif, jadi tidak hanya pemaparan slide saja. Antara guru dan murid saling interaktif,” katanya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud) Anies Baswedan menambahkan, untuk mengantisipasi masalah yang timbul pada penerapan Kurtilas Kemdikbud mengukuhkan 153 orang Narasumber Nasional.

”Narasumber Nasional terdiri dari unsur guru, akademisi, tim penyusun kurikulum, penulis buku, penyusun Assesment, diajak untuk memiliki pemahaman yang lengkap, komprehensif, dan substantif tetang Kurikulum 2013 yang telah direvisi,” ujar Anies Baswedan.

Anies berharap, para Narasumber Nasional dapat menyampaikan dengan pendekatan yang berbeda. Narasumber Nasional dapat menjadi fasilitator dalam merangsang munculnya pemikiran, gagasan, selain menyampaikan materi yang telah dipersiapkan.

”Saya berharap Narasumber Nasional dapat menjalankan pelatihan dengan metode tidak konvensional, tetapi metode mengajak anak-anak untuk melakukan proses belajar yang aktif. Dengan begitu kita sendiri pun harus bisa membuktikan dan menghadirkan suasana belajar yang aktif,” harap Mendikbud.

Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari sulsel.pojoksatu.id. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "SIAP-SIAP... KURIKULUM PENDIDIKAN BARU AKAN DIBERLAKUKAN MULAI 11 JULI 2016"

Post a Comment

Agen Bola