Bola Tangkas

Operator Sekolah Sebagai Jantung Sekolah Kini Tuntutan Pekerjaannya Semakin Tinggi

Berkobar.com - Assalamu'alaikum wr.wb. dan salam sejahtera untuk kita semua....

Operator sekolah diibaratkan dengan jantung manusia. Manusia, tak bisa hidup jika tak ada jantung. Jantung merupakan Organ yang terpenting dalam tubuh manusia. Berbicara tentang operator dalam sebuah perusahan adalah seorang yang menagani dan mengendalikan mesin-mesin perusahan. Tanpa Oprator, perusahan tidak berjalan dengan baik serta mengalami hambatan. Di setiap instansi/lembaga/kantor bahkan lembaga pendidikan juga membutuhkan Operator yang menangani berbagia peralatan dan data, baik Online maupan Offline.


ada sebuah lembaga pendidikan tentu sangat membutuhkan sebuah Operator yang disebuat Operator Sekolah (OPS). Operator sekolah merupakan bagian penting dalam sistem pendataan pendidikan yang saat ini terintegrasi dalam Data Pokok Pendidikan ( Dapodik). Jadi, tidak bisa dipandang sebelah mata akan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang operator sekolah. Kemudian, sebagai seorang operator sekolah harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya, sehingga amanah dan tanggung jawab yang dibeban kepadanya dapat dilaksanakan dengan baik.

Ada beberapa hal yang wajib diketahui dan dipahami oleh seorang operator sekolah pada awal tahun pelajaran 2016/2017, salah satunya adalah pendataan siswa baru dan pendataan bagi PTK yang baru masuk. Dalam Pendataan ini, tentu seorang Operator sekolah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Pendataan. Disamping itu, seorang Operator sekolah harus membuat jadwal pendataan sehingga pekerjaan tidak menumpuk pada berbagia hal. Berikut ini, hal-hal yang harus dikuasai serta tugas dan tanggung Jawab seorang Operator sekolah.

1. Yang Harus dikuasai Operator
a. Mengetahui Aplikasi Dapodik
b. Mengerti dan Menguasai Pengoperasian Komputer.
c. Mengerti dan Menguasai instal dan unistal Aplikasi.
d. Mengerti dan
e. Menguasai penggunaan internet browsing

2. Operator sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
a. Membuat Jadwal Pendataan (Formulir Data PTK Dan Siswa)
b. Mencari informasi terkai versi baru Aplikasi dapodik tahun pelajaran 2016/2017
c. Menginstal Aplikasi Dapodik
d. Mengentry Data Yang Telah Di Isi Oleh PTK Dan Siswa Sesuai Dengan Isian Formulir Data, Berdasarkan Petunjuk Dari Buku Manual Dapodik.
e. Mengirim Data Valid.
f. Mencetak / Print Out Profil Sekolah Sebagai Laporan Pengerjaan
g. Koreksi Jika Ada Kesalahan (Perbaikan Data Sesuai Dengan Jadwal Yang Tertera)

3. Alamat web yang harus diketahui oleh Operator sekolah
a. http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id (memeriksa/cek kelengkapan & kecocokan data dilocal)
b. http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final (generate prefill "simpan local)
c. http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id (mendapatkan NISN dari dapodik)
d. http://sdm.data.kemdikbud.go.id (komunitas operator dapodik)
e. http://223.27.144.195:8083/ (Lapor tunjangan dikdas / info PTK)

4. Saran bagi Operator Sekolah:
a. Pastikan bahwa Peserta Didik yang telah lulus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional yang valid dengan maksud tidak menyulitkan operator di jenjang berikutnya.

b. Bersihkan segera perangkat komputer (PC/Laptop) operator sekolah, baik dari virus komputer maupun cache memory, Temporary files, serta Spammers, Trojan dan lainnya.

c. Siapkan Surat tugas operator sekolah yang terbaru sebagai syarat untuk updating surat penugasan OPS.

d. Jika operator sekolah bertugas sebagai pengganti operator lama, maka lakukan Registrasi baru agar data operator di PDSP tetap terbarukan.

e. Bisa membentuk kelompok kerja operator ditingkat kecamatan supaya bisa saling membantu dan berbagi informasi terkait pekerjaan langsung atau berkaitan dengan Dapodik dan Verval

Seorang Operator sekolah tentu membutuhkan Upah yang bisa menunjang kebutuhann sehari-hari. Pemberian Upah atau honor kecil seorang Operator bertujuan agar seorang operator tetap semangat dalam bekerja dan melayani sekolah. Seorang Kepala sekolah pada sebuah lembaga pendidikan harus memahami betapa sulit dan beratnya pekerjaan Operator. Oleh kerena itu, berilah apa yang menjadi haknya dan pemberian upah yang layak bagi seorang Operator.

Baca juga info lainnya:

Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari sekolahdasar. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.berkobar.com. Kami senantiasa memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber. Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!

0 Response to "Operator Sekolah Sebagai Jantung Sekolah Kini Tuntutan Pekerjaannya Semakin Tinggi"

Post a Comment

Agen Bola