Bola Tangkas

DPR MENYETUJUI PENSIUN DINI PNS, TAPI ADA SYARATNYA

KABARGURUKU.COM - Wacana merumahkan 1,37 juta PNS bakal berlangsung mulus di 2017. Pasalnya Komisi II DPR menyetujui rancangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Re‎formasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tersebut.  

Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman menyatakan mendukung kebijakan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi yang akan menerapkan rasionalisasi alias pemangkasan jumlah PNS.


Namun upaya pensiun dini itu harus diawali dengan road map yang jelas. Mulai dari data data jumlah PNS dan kompetensinya. Termasuk juga data mengenai kinerja tenaga honorer atau sukarelawan.

“Kalau ada road map, datanya jelas, silakan saja PNS yang kompetensinya rendah cepat saja dipensiunkan (pensiun dini, red),” terang Rambe Kamarulzaman dilansir JPNN (Jawa Pos Group), Sabtu (12/3).

Kendati demikian, sambung Rambe, upaya "PHK massal" PNS ini harus disertai dengan upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang memumpuni. Artinya setelah PNS diramping, pegawai honorer yang belum diangkat jika berkompetensi dapat diangkat jadi PNS.

Sebagaimana diketahui, MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi berupaya merampingkan jumlah PNS di Indonesia. Tujuannya untuk menekan belanja pegawai, juga meningkatkan pelayanan publik.

Pasalnya ada 42 persen PNS di Indonesia dengan kualifikasi pendidikan SMA ke bawah yang tidak menganggur. Mereka datang ke kantor tapi tidak ada pekerjaan yang dilakukan. Hal itu sangat membebankan keuangan negara maupun daerah.

(Sumber: jawapos.com)

0 Response to "DPR MENYETUJUI PENSIUN DINI PNS, TAPI ADA SYARATNYA"

Post a Comment

Agen Bola