Bola Tangkas

PEMERINTAH AKAN MERAMPINGKAN JUMLAH PNS

KABARGURUKU.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berencana merampingkan jumlah pegawai negara sipil (PNS) sampai batas ideal. Pemerintah menyatakan, jumlah ideal PNS atau yang saat ini disebut juga dengan aparatur sipil negara sebesar 1,5 persen dari jumlah penduduk.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi mengatakan, perampingan dilakukan untuk meningkatkan kualitas ASN. "Sementara ini dalam kajian Kementerian PANRB, rasio jumlah pegawai pemerintah terhadap penduduk yang ideal 1,5 persen saat ini posisinya 1,77 persen," katanya, Jakarta, Kamis (25/2/2016).


Pendekatan yang bakal dipakai antara lain moratorium serta pertumbuhan jumlah pegawai yang negatif. Dia mencontohkan, jika saat ini jumlah pegawai 4,5 juta orang dengan jumlah pensiun 500 ribu orang, maka pemerintah tak akan merekrut melampaui jumlah 500 ribu orang itu.

"Dari angka 4,5 juta begitu ada yang pensiun 500 ribu yang masuk tidak akan melampaui itu. Itu kan zero growth itu kan negatif," jelas dia.

Yuddy menargetkan perampingan PNS hingga 2019. Itu berarti, moratorium tetap akan berlangsung sampai 2019. "Iya, sementara itu kalau tidak ada itu moratorium akan berlanjut sampai 2019. Pendekatan pegawai negatif to zero growth itu di ranah paling ideal," jelasnya.

0 Response to "PEMERINTAH AKAN MERAMPINGKAN JUMLAH PNS"

Post a Comment

Agen Bola