APLIKASI TRY OUT UJIAN NASIONAL 2016 TELAH DINONAKTIFKAN

Kabarguruku.com - Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kapuspendik Kemdikbud) Prof Nizam mengatakan, aplikasi Try Out Ujian Nasional (AT -UN) untuk siswa SMP dan SMA saat ini dihentikan sementara oleh pemerintah. Hal itu dilakukan agar sekolah tidak terdorong untuk melakukan drilling atau belajar hanya untuk soal tertentu sehingga proses belajarnya tidak tuntas.

Menurut Nizam, pemerintah ingin siswa lebih fokus pada penuntasan pembelajaran bukan pada sistem, ketika akan mengikuti pelaksanaan UN.

“Dinonaktifkan sementara agar mereka tidak hanya belajar pada pelajaran tertentu seja dan tidak terfokus pada soal- soal latihan yang ada di try out. Maka dinonaktifkan agar apa yang kita inginkan bersama dapat tercapai,” kata Nizam kepada Suara Pembaruan, Selasa (19/1).

Nizam menjelaskan, aplikasi ini adalah sarana untuk try out Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA sehingga dilengkapi soal dan penjelasan pengerjaannya.

Selanjutnya, dia menjelasakan, aplikasi ini didesain untuk perangkat handphone dan dapat diakses langsung melalui laman resmi http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id. Penghentian sementara ini dengan tujuan anak-anak kelas 12 dan 9 konsentrasi ke belajar pada pelajaran saja, sehingga tidak terfokus pada soal-soal latihan yang ada di try out.

Sementara itu, untuk perkembangan persiapan UN, Nizam mengatakan, master file soal untuk ujian nasional (UN) 2016 telah disiapkan dan Februari ini soal akan dilelang ke percetakan.

Nizam menyebutkan, saat ini pihaknya sedang memberi kesempatan kepada percetakan untuk mempersentasi dan melakukan pemaparan bagaiamana cara menjaga keamanan soal jika memenangkan lelang.

“Master soal sudah siap, tinggal kirim ke percetakan yang menang lelang. Kita lagi melihat dan mempertimbangkan percetakan yang akan dipercaya menangani master UN 2016 ini,” kata dia.

Sementara itu, untuk jadwal pelaksanaan UN tingkat SMP, SMA dan sederajat tahun 2016 ini telah tertuang dalam prosedur operasional standar (POS) UN 2016 yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

“Seluruh peserta didik tingkat terakhir SMP dan SMA akan melaksanakan ujian terakhir sesuai dengan POS UN 2016,” kata Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Selanjutnya, untuk soal materi kisi- kisi soal UN untuk SMA tetap enam mata pelajaran disetiap jurusan dan untuk SMP empat pelajaran sehingga sebagian besar pelaksanaan UN tetap seperti tahun lalu yang berlangsung selama tiga hari.

Ada pun jadwalnya sebagai berikut, untuk SMA dan SMK akan dimulai pada 4 April, sedangkan untuk SMP akan dimulai pada 7 Mei.

( Sumber: www.beritasatu.com )

0 Response to "APLIKASI TRY OUT UJIAN NASIONAL 2016 TELAH DINONAKTIFKAN"

Post a Comment