Bola Tangkas

kumpulan artikel bahasa indonesia KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA

TEKNIK ALFA

Manusia memancarkan empat keadaan kegiatan gelombang otak yaitu: beta, alfa, teta, dan delta. Dalam beta, kita akan merasa awas dan aktif. Alfa adalah konsentrasi yang santai. Teta adalah keadaan hampir tidur atau bermimpi, dan delta adalah tidur nyenyak tanpa mimpi. Informasi ini dapat membantu siswa menjadi pelajar yang lebih baik.
Dr. Georgi Lozanov melakukan percobaan mengenai keadaan terbaik untuk belajar pada pertengahan tahun 1970-an. Lozanov menemukan bahwa siswa dalam keadaan Alfa, yaitu kondisi konsentrasi yang santai. Namun begitu, belajar bahkan memiliki laju yang jauh lebih cepat. Keadaan Alfa ini dapat dicapai ketika siswa membutuhkan konsentrasi terfokus, misalnya ketika membaca, mengerjakan soal matematika, atau menulis. Jadi, teknik Alfa adalah salah satu teknik yang digunakan dalam pembelajaran dengan lebih mengutamakan kondisi konsentrasi yang santai. Belajar jadi lebih menyenangkan apabila siswa dalam keadaan Alfa karena dapat diiringi musik yang diperdengarkan sebelum kegiatan belajar mengajar.
Proses pembelajaran bahasa Indonesia akan terasa sangat menyenangkan jika menggunakan metode atau teknik yang cocok. Seperti yang sudah dikemukakan di atas, bahwa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi dapat digunakan teknik Alfa. Teknik ini dipakai sebagai salah satu alternatif untuk pembelajaran tersebut. Dalam kegiatan menulis siswa memerlukan suasana dan kondisi yang kondusif. Kondisi konsentrasi yang santai ternyata sangat membantu siswa dalam menuangkan pikiran dan perasaannya tentang pengalaman pribadinya dalam bentuk tulisan.
Dalam teknfk Alfa ini musik dianggap berperan besar. Suasana yang memerlukan konsentrasi tinggi namun santai dapat dibantu dengan musik. Musik yang dimainkan di dalam kelas tampaknya mampu membuat seseorang bersentuhan kembali dengan sifat-sifat diri yang sesungguhnya.
Selain bisa memadukan aspek-aspek kepribadian seorang siswa, musik juga mampu menghubungkan pikiran dan hati para siswa sehingga mereka menyadari identitas mereka sebagai anggota kelompok. Dengan demikian, para siswa mampu mengembangkan rasa kebersamaan.
Dari rasa kebersamaan yang timbul dari seorang siswa, maka mereka dapat bersikap saling peduli dan saling membantu. Sikap ini berlawanan dengan ketatnya persaingan yang mereka hadapi setiap harinya.
Stephanie Merritt mengatakan bahwa teknik Alfa dengan media musik ini memberikan banyak manfaat di antaranya:
  1. menurunkan stres dan mendukung proses penyembuhan;
  2. menemukan aspek-aspek kepribadian yang tersembunyi: pribadi yang berani berisiko, gembira, dan bebas;
  3. memberi sudut pandang berbeda dalam meninjau kehidupan dan memberdayakan siswa sehingga mampu mengatasi konflik batin dan mengatasi berbagai masalah;
  4. memperkaya hidup dan memperluas dunia dengan keindahannya;
  5. meningkatkan pembelajaran dan daya ingat;
  6. merangsang kreativitas dan imajinasi;
  7. menjadikan santai, menyegarkan, dan menenangkan." (Merritt, 1996:6)
Kelebihan teknik Alfa adalah:
  1. mengembangkan sikap positif mengenai belajar;
  2. siswa merasa santai dan terpusat, tidak tertekan atau cemas;
  3. dalam keadaan konsentrasi yang terpusat, belajar menjadi lebih cepat dan mudah;
  4. siswa memiliki sikap lebih positif mengenai sekolah;
  5. keyakinan diri lebih besar dalam kemampuan belajar mereka.
Teknik Alfa memiliki beberapa kelemahan yaitu:
  1. tidak semua siswa menyukai musik, hal ini dapat menyebabkan sulitnya berkonsentrasi;
  2. siswa yang sulit berkonsentrasi akan merasakan hal yang biasa saja ketika belajar sehingga menyebabkan rasa malas dan tidak bersemangat;
  3. teknik Alfa akan memerlukan biaya yang tidak sedikit karena guru harus menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk proses pembelajaran tersebut;
  4. biasanya guru menemukan kesulitan karena di sekolah tidak tersedia media untuk menunjang pembelajarannya.

0 Response to "kumpulan artikel bahasa indonesia KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA"

Post a Comment

Agen Bola