SEJARAH SINGKAT PT PERSERO DJAKARTA LLOYD TERBARU



                                         Sejarah Singkat PT. (Persero) Djakarta Lloyd
PT. (Persero) Djakarta Lloyd sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilingkungan Departemen Perhubungan yang bergerak di bidang jasa angkutan laut.
Djakarta Lloyd didirikan pada tanggal 18 Agustus 1950 oleh Darwis Djamin Komandan TNI AL Pangkalan Tegal dengan nama NV. Djakarta Lloyd. Kemudian pada tahun 1961 NV. Djakarta Lloyd dirubah menjadi PN. Djakarta Lloyd dengan Peraturan Pemerintah No. 108 Tahun 1961.
Pada awalnya armada PT. (Persero) Djakarta Lloyd dimulai dengan Mencharter dua kapal tua, yaitu : SS. Djakarta Raya dan SS. Djatinegara. Kemudian kedua kapal tersebut dibeli dan menjadi milik PT. (Persero) Djakarta Lloyd. Kemudian berkembang menjadi 22 kapal pada tahun 1970-an, dengan keluarnya peraturan Scrapping untuk kapal-kapal tua, maka kapal-kapal tersebut kemudian telah di scrap semua pada diawal tahun 1980-an.
Kemudian pemerintah meremajakan armada PT. (Persero) Djakarta Lloyd dengan kapal-kapal baru, yaitu 5 kapal semi container dan 3 kapal full container.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 1974 PN. Djakarta Lloyd dialihkan menjadi PT. (Persero) Djakarta Lloyd.
Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melaksanakan jasa angkutan laut sektor luar negeri, PT. (Persero) Djakarta Lloyd mengemban amanah pelayanan jasa angkutan dan amanah pengelolaan perusahaan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan pemerintah sebagai berikut :
1.      Memberikan pelayanan jasa angkutan laut dari dan ke luar negeri terutama angkutan barang (cargo) secara tepat waktu serta berorientasi pada kepuasan pengguna jasa berdasarkan pengelolaan perusahaan yang profesional.
2.      Mengembangkan usaha angkutan laut yang berorientasi pada pemupukan keuntungan (profit making) dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara optimal dengan mengikutsertakan peran serta pelaku ekonomi lainnya dalam rangka dapat memberikan sumbangan penerimaan negara.
3.      Melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya serta melaksanakan angkutan laut dari dan keluar negeri sebagai pembawa bendera (flag carrier).
4.      Disamping misi perusahaan, maka dalam rangka pelaksanaan pengelolaan masing-masing segmen usaha, ditetapkan pula misi kelompok misi usaha pelayaran yang dibagi menurut klasifikasi pengusahanya sebagai berikut :
a.     Pelayaran andalan
1)    Memberikan pelayanan jasa angkutan samudra yang prima dan juga meningkatkan citra perusahaan dimata pemakai jasa, sekaligus sebagai standar dalam pelayanan jasa angkutan samudra.
2)    Pengelolaan yang efisien, efektif dan memberikan rentabilitas yang cukup besar serta kemampuan bertumbuh yang cepat dan mengikuti perkembangan pasar.
b.     Pelayaran marginal
1)    Memberikan pelayanan jasa angkutan samudra yang bermutu dan terus meningkat untuk mempertahankan citra perusahaan, memacu keikutsertaan dalam penyediaan pelayanan jasa angkutan samudra.
2)    Pengelolaan yang efisien dan efektif serta secara bertahap meningkatkan penggunaan fasilitas yang tersedia secara optimal agar dapat menekan kerugian yang terjadi.
PT. (Persero) Djakarta Lloyd yang bergerak dalam bidang jasa angkutan laut ini berlokasi di Jalan Senen Raya No. 44 Jakarta Pusat.

0 Response to "SEJARAH SINGKAT PT PERSERO DJAKARTA LLOYD TERBARU "

Post a Comment