Bola Tangkas

KUMPULAN SKRIPSI HUKUM TERBARU “Waris Anak Kembar Dalam Prespektif Islam”



“Waris Anak Kembar Dalam Prespektif Islam”


Bismillahir Rahmani Rahim,
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan ridha-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “Waris Anak Kembar Dalam Prespektif Islam”.
Adapun maksud dan tujuan penulis membuat laporan makalah  ini  yaitu untuk memenuhi salah satu tugas semester IV pada mata kuliah Perkembangan Hukum Islam  yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemajuan dan kreatifitas mahasiswa dalam berfikir secara kritis, dan mampu mempraktekannya pada kehidupan sehari-hari.
Ucapan terima kasih tak lupa penulis sampaikan kepada dosen pembimbing, yang telah membantu mengarahkan dalam menyelesaikan makalah ini,serta kepada rekan-rekan yang telah membantu dalam penyelesaian laporan makalah ini dan kerja samanya sehingga laporan ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat membutuhkan saran dan kritik yang membangun agar untuk ke depannya bisa lebih baik lagi.
Akhirnya, semoga laporan makalah ini dapat diterima oleh dosen, dan penulis berharap makalah ini memperoleh penilaian yang terbaik, dan makalah ini juga dapat bermanfaat bagi mahasiswa pada umumnya dan penulis secara khususnya.

Bandung,       Maret 2007


                 Penulis





B A B  I
P E N D A H U L U A N

A.        Latar belakang
Latar belakang masalah ini adalah untuk mengetahi tentang Waris Anak Kembar Dalam Prespektif Islam”. Sebelum itu kita harus mengerti apa yang dimaksud dengan harta waris, yaitu harta yang ditinggalkan pada saat seseorang meninggal dunia dikurangi pembayaran biaya pengurusan mayat, biaya utang-utang dan kewajiban lainnya. Pada pembahasan kali ini, yang di bahas adalah
a.       Pembagian waris anak kembar
b.       Tata cara pembagiannya.
Dan pembahasan ini pun mengarah pada hak waris anak tersebut. Untuk lebih jelas lagi akan di bahas secara rinci pada pembahasan bab II  dan bab III .
B.        Identifikasi masalah
Pada pembahasan ini penulis masih belum sepenuhnya mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan waris pada anak kembar dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembahasan ini, sehingga timbul beberapa pertanyaan, diantaranya :
1.       apa yang dimaksud dengan anak kembar?
2.       Sebutkan ahli waris yang menjadi majhub karena adanya hajib?
C.      Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk mengetahui pengertian anak kembar dan untuk mengetahui siapa saja ahli waris yang menjadi majhub.
D.     Kerangka pemikiran
Kerangka pemikiran ini penulis ambil dari beberapa pembahasan serta kutipan dari pakar yang menjeleskan pengertia anak kembar. Pengertian anak kembar yaitu anak yang lahir yang memiliki kesamaan pada wajah tetapi memiliki sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain.[1]


E.        Metoda
Metoda dari masalah ini dikumpulkan secara ilmiah dari beberapa analisa-analisa yang sebelumnya di diskusikan terlebih dahulu pada perkuliahan, dan dari beberapa sumber buku yang berhubungan dengan pembahasan ini lalu diuraikan dan digambarkan menjadi suatu laporan yang memiliki isi yang teratur secara sistematis dan memiliki kepastian hukum yang sangat jelas. Dalam pembuatan makalah ini harus memiliki metoda, karena tanpa metoda, suatu makalah ini tidak akan berjalan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diperintahkan. Jika kita dalam membuat makalah ini tidak memiliki metoda baik metoda berfikir, maupun metoda penelitian, maka suatu makalah ini masih belum sempurna.
F.         Sistematika
1.       PENDAHULUAN
2.       LANDASAN TEORI
3.       PEMBAHASAN
4.       PENUTUP
5.       DAFTAR PUSTAKA




B A B  I I
L A N D A S A N  T E O R I

A. Pengertian Anak kembar
            Anak kembar  menurut bahasa artinya anak yang lahir yang memiliki kesamaan pada wajah tetapi memiliki sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain.[2] Tetapi dalam islam tidak menghendaki anak kembar dengan hasil pengkloningan karena sama saja dengan mensahkan sesuatu yang belum tentu ada dan terjadi. Biasanya anak kembar itu ada karena faktor keturunan atau gen.[3]
B.        Pembagian Harta Waris Anak Kembar
Dalam hal ini sebenarnya pembagiannya sama seperti  pembagian untuk anak laki-laki atau perempuan. Apabila anak kembar itu terlahir keduanya laki-laki maka bagiannya sebanyak dua kali dari anak perempuan. Karena anak ini kembar maka menjadi empat kali bagian anak perempuan. Dan apabila anak kembar itu terlahir perempuan kedduanya maka mendapat bagian 2/3.
Terlihat jelas menurut Surat An-Nisa ayat 11, garis hukum tentang anak dalam pembagian warisan, yaitu
1.       Bagian laki-laki adalah sebanyak dua kali anak perempuan
2.       dua anak perempuan atau lebih mendapat 2/3
3.       apabila anak perempuan tunggal maka mendapatkan ½
Disini terlihat jelas bagaimana pembagiannya. Dan apabila ank kembar itu terlahir berbeda jenis kelamin tetap dilihat dari ketentuan yang ada.
Dan menurut  firman   Allah swt dikatakan: “Jika ahli waris itu terdiri dari saudara laki-laki dan saudara wanita, maka bagian saudara laki-laki sebanyak dua kali bagian dari saudara wanita. Allah menerangkan Hukum ini kepadamu, agar kamu tidak sesat. Dan Allah Maha Mengetrahui segala sesuatu” (Q. S. An-Nisa: 176).[4]

Untuk menghindari salah arti maka harta waris ini di bagikan jika si anak telah lahir. Berkaitan dengan ini para ulama faraid menjelaskan huukum-hukum khusus secara rinci dengan menyertakan berbagai pertimbangan demi menjaga kemaslahatn ahli waris yang ada.[5]
C.        Perbedaan Waris Biasa dengan Waris Kembar
            Apabila waris biasa hanya bersifat biasa, sedangkan waris  kembar dilakukan melalui proses ijtihad, adanya keahlian(dalam bidang kedokteran), bersifat relative, dan ada alternative penyelesaian.
           
B A B  I I I
P E M B A H A S A N

A. Apa yang dimaksud dengan anak kem,bar?
       Jawab:
                 Anak kembar menurut bahasa artinya anak yang lahir yang memiliki kesamaan pada wajah tetapi memiliki sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain

B. Sebutkan ahli waris yang menjadi majhub karena adanya hajib?
      Jawab:
                 Ahli  waris yang menjadi mhjub karena adanya hajib, yaitu:
                1. nenek, tidak mendapatkan warisan karena terhalang oleh ibu. Sebab si ibu lebih dekat dengan si mati. Demikian juga kakek. Tidak mendapat warisan selama masih ada bapak si mati.
               2. Saudara seibu, tidak mendapat warisan karena terhalang, oleh:
                a. Anak, baik laki-laki maupun perempuan
                b. Cucu dari anak laki-laki, baik laki-laki maupun perempuan
                c. Bapak
                d. Kakek.
                3. Saudara sebapak, tidak mendapat warisan sebab terhalang:
                a. Bapak
                b. Anak laki-laki
                c. Cucu laki-laki dari anak laki-laki
                d. Sudara laki-laki  seibu bapak
             4. Sudara seibu bapak, tidak mendapat warisan sebab terhalang oleh hajib
             a.Anak laki-laki
             b. Cucu laki-laki dari anak anak laki-laki
             c. Bapak 
                  



B A B  I  V
P E N U T U P

A.  Kesimpulan
            Jadi kesimpulannya:
1.       bahwa yang dimaksud anak kembar adalah anak yang lahir yang memiliki kesamaan pada wajah tetapi memiliki sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain.
2.       Tidak semua ahli waris mendapat harta warisan, karena apabila ada hajib ahli waris meenjadi mahjub.
B.  Saran
Pada bagian saran ini, penulis sangat mengharapkan masukan yang dapat membangun bagi kelancaran pembelanjaran untuk selanjutnya. Dan kami berharap agar perpustakaan kampus dapat lebih melengkapi koleksi buku-bukunya. Karena menurut pendapat penulis, buku-buku yang ada di perpustakaan kampus sangat kurang dan banyak buku-buku yang sudah tidak layak pakai, karena dengan adanya perkembangan zaman buku- buku yang lama sudah banyak yang sudah tidak bisa terpakai, sehingga keluarlah buku-buku baru.



D A F T A R  P U S T A K A

       Kamus Besar Bahasa Indonesia
Syamsul Rijal Hamid. 1997. Buku Pintar Agama Islam. Bogor: Cahaya Salam.

0 Response to "KUMPULAN SKRIPSI HUKUM TERBARU “Waris Anak Kembar Dalam Prespektif Islam” "

Post a Comment

Agen Bola