Bola Tangkas

CONTOH SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN SDM LENGKAP 2014

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA PERAWAT RUANG PERAWATAN SILOAM HOSPITALS SURABAYA


ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan yang terdiri dari otoriter, laizes faire, demokratik dan kharismatik berpengaruh terhadap produktifitas kerja perawat siloam Hospital’s Surabaya baik secara simultan maupun secara parsial. Data diambil berdasarkan kuesioner yang diisi oleh responden yang merupakan perawat dari siloam hospital’s Surabaya yang berjumlah 25 orang. Teknis analisa data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh gaji dan lingkungan kerja terhadap kinerja perawat adalah dengan menggunakan analisis linear berganda, yang diuji dengan menggunakan uji F dan uji t.
Dari hasil perhitungan di dapatkan persamaan regresi linear berganda: Y=1,9994 + -0,46 x1 + -0,334 x2 + -0,216 x2 + 0,613x3 + 0,176 x4. Persamaan tersebut kemudian diuji signifikasikannya dengan uji F yang mana dari pengujian modal, egresi dengan uji F diketahui bahwa F hitung > F tabel, sehingga disimpulkan bahwa keseluruhan variabel bebas gaya otoriter, laizes faire, demokratik, kharismatik memberikan pengaruh simultan yang signifikan terhadap variabel terikat produktifitas, hubungan yang kuat juga ditunjukkan dengan besarnya nilai koefisien determinasi berganda (R2). Sedangkan dari pengujian model regresi dengan uji t diketahui bahwa pengaruh parsial semua variabel bebas adalah signifikan karena nilai  t hitung > t tabel. Adanya hubungan yang erat juga ditunjukkan dengan besarnya nilai koefisien determinasi parsial (r2).
Pimpinan siloam hospital’s Surabaya sebaiknya mengkombinasikan gaya kepemimpinannya sesuai dengan situasi, karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang terdiri dari gaya otoriter, laizes faire, demokratik dan kharismatik berpengaruh signifikan terhadap produktifitas baik secara simultan maupun secara parsial.

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Manajemen kepegawaian dan sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan dalam mengelolah, mengatur dan memanfaatkan pegawai sehingga dapat berfungsi secara produktif untuk tercapainya tujuan perusahaan.
Setiap perusahaan selalu mengharapkan perusahaanya dapat bekerja seefesien mungkin sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, baik untuk masa sekarang dan masa yang akan datang salah satu caranya yaitu melalui pengelolahan sumber daya yang ada pada perusahaan tersebut.
Sumber daya manusia di perusahaan perlu dikelola secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan. Keseimbangan tersebut merupakan kunci utama perusahaan agar dapat berkembang secara produktif dan wajar.
Sumber daya manusia dapat diartikan sebagai individu-individu yang berperan dalam kehidupan organisasi, dimana masing-masing individu mempunyai sikap, kepribadian, prinsip, presepsi, tujuan dan motivasi yang berbeda-beda. Jika dikelola dengan baik maka sumber daya manusia ini dapat menciptakan keunggulan-keunggulan kompetitif bagi organisasi sebagai contoh setiap individu merasakan bahwa pandangan hidupnya mendapatkan tempat yang sesuai didalam sesuatu perusahaan dimana mereka bekerja dan dapat memahami maksud, tujuan, dan ruang lingkup kegiatan dalam perusahaan maka mereka akan terdorong bekerja lebih baik karena menyadari bahwa apa yang bermanfaat bagi perusahaan juga bermanfaat bagi dirinya sendiri.
Perkembangan usaha dan organisasi perusahaan sangatlah bergantung pada produktivitas tenaga kerja yang ada di perusahaan. Setiap perusahaan selalu menginginkan karyawannya bekerja dengan maksimal. Demikian juga sebaliknya dengan karyawan yang menginginkan imbalan yang pantas dan wajar atas hasil kerjanya. Kedua hal tersebut seringkali menjadi masalah pokok yang harus dihadapi oleh para pemilik perusahaan atau pengusaha.
Disamping itu pemilik perusahaan juga memerlukan figur pemimpin dalam perusahaan menjadi media penghubung antara pemilik perusahaan dengan para karyawan. Figur pemimpin yang dibutuhkan oleh perusahaan juga harus dapat menjadi pelindung bagi karyawan apabila para pemilik perusahaan berusaha memaksakan kehendaknya tanpa menghiraukan aturan yang telah disepakati.
Pemimpin yang baik dan sesuai dengan keinginan karyawan akan menimbulkan rasa kesadaran dari karyawan untuk memenuhi harapan yang diinginkan oleh sang pemimpin. Karena apabila karyawan tidak menyadari hal tersebut maka ia harus dapat menerima pergantian pemimpin kembali, dan hal tersebut belum tentu dapat menjadi lebih baik bagi karyawan itu sendiri.
Program peningkatan produktivitas yang berhasil itu ditandai dengan adanya andil yang luas dari keuangan dan tunjangan-tunjangan lain di seluruh organisasi. Bentuk pemberian insentif diantaranya pemberian bonus, dimana hasil kerja yang baik, segera diberi hadiah dengan bonus yang sesuai.
Perusahaan bukan hanya sebagai tempat untuk mencari nafkah, melainkan juga sebagai tempat mengembangkan sikap pada diri tenaga kerja. Kurangnya perusahaan akan mengakibatkan dampak bagi produktivitas bagi perusahaan.
Siloam Hospitals Surabaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yang merupakan tempat bagi mereka yang mempunyai penyakit untuk mengatasi segala keluhan yang dideritanya. Didalam meningkatkan produktivitas tentunya Siloam Hospital Surabaya sangat memperhatikan gaya kepemimpinan yang gunakan oleh pimpinan Siloam Hospitals Surabaya.
Berdasarkan pertimbangan diatas maka penulis mengajukan judul : “Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Produktivitas Kerja Perawat  ruang perawatan Siloam Hospitals Surabaya”.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka dapat disampaikan rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah gaya kepemimpinan yang terdiri atas Otoriter, Laizes Faire, Demokratik dan Kharismatik berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas kerja perawat ruang perawatan Siloam Hospitals Surabaya.
2.      Apakah gaya kepemimpinan yang terdiri atas Otoriter, Laizes Faire, Demokratik dan Kharismatik berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas  kerja  perawat  ruang perawatan Siloam Hospitals Surabaya.
3.      Apakah gaya kepemimpinan yang terdiri atas Otoriter, Laizes Faire, Demokratik dan Kharismatik, satu diantaranya berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja perawat ruang perawatan Siloam Hospitals Surabaya.

C.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui :
a.       Untuk mengetahui pangaruh gaya kepemimpinan yang terdiri atas Otoriter, Laizes Faire, Demokratik dan Kharismatik secara simultan terhadap produktivitas kerja perawat ruang perawatan Siloam Hospitals Surabaya.
b.      Untuk mengetahui pangaruh gaya kepemimpinan yang terdiri atas Otoriter, Laizes Faire, Demokratik dan Kharismatik secara parsial terhadap produktivitas kerja perawat ruang perawatan Siloam Hospitals Surabaya.
c.       Untuk mengetahui pangaruh gaya kepemimpinan yang terdiri atas Otoriter, Laizes Faire, Demokratik dan Kharismatik, satu diantaranya berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja perawat ruang perawatan Siloam Hospitals Surabaya.


2.      Manfaat Penelitian
a.       Dari Segi Praktika
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada perusahaan sehingga dapat membantu mengembangkan usahanya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang
b.      Dari Segi Pengembangan Ilmu
Hasil penelitian ini dapat dijadikan tambahan koleksi perpustakaan dan juga akan menambah wawasan bagi mahasiswa, khususnya yang berkaitan dengan pengaruh gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja perawat ruang perawatan.

DAFTAR PUSTAKA

Daft, L. Richard, Manajemen, Jilid Dua, Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2001
Djarwanto, Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian, Edisi Pertama, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1999
J. Supranto,Statistik Teori  dan Aplikasi, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000
Rivai, Veitzhal, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Cetakan Pertama, PT Rineka Cipta,  Jakarta, 2004
Siagian, Sondang P, Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2002
Sinungan, Muchdarsyah, Produktifitas : Apa dan Bagaimana, Edisi Kedua, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2000
Sugiyono,Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta Bandung, 2004
Sulistiyani, dkk, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003
Yuli, Sri Budi Cantika, Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Muhammadiyah, Malang, 2005

0 Response to "CONTOH SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN SDM LENGKAP 2014"

Post a Comment

Agen Bola