Bola Tangkas

SKRIPSI EKONOMI AKUNTANSI PENGARUH DAYA FISIK, SEMANGAT KERJA DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KOTA PEMERINTAH KOTA SURAKARTA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Manajemen sumber daya manusia adalah pengakuan terhadap pentingnya satuan tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia yang vital bagi pencapaian tujuan organisasi dan pemanfaatan berbagai fungsi dan kegiatan personalia untuk menjamin bahwa mereka digunakan secara efektif dan bijak agar bermanfaat bagi individu, organisasi dan masyarakat.
Definisi prestasi kerja menurut Hasibuan (2005) adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan, serta waktu. Penilaian prestasi kerja (performance appraisal) merupakan salah satu tugas yang paling penting bagi setiap manajer, yang diakui pula bahwa banyak kesulitan dialami dalam menanganinya secara memadai. Tidaklah selalu mudah untuk menilai prestasi seseorang karyawan bawahan secara akurat, dan lagi pula adalah serba sulit untuk menyampaikan hasil penilaian tersebut kepada bawahan yang bersangkutan tanpa menimbulkan rasa kecewa bagi yang bersangkutan.
Daya fisik adalah kekuatan dan ketahanan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang berat dan bekerjanya lama, maupun ketahanannya dalam menghadapi serangan penyakit. (Hasibuan, 2005 : 271)
Karyawan memegang peranan bagi perusahaan, sehingga perusahaan harus memperhatikan setiap masalah yang berkaitan dengan karyawan. Salah satu masalah yang dihadapi oleh karyawan adalah mengenai semangat kerja. Dengan adanya semangat kerja, karyawan dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik bagi perusahaan. Semangat kerja yang tinggi akan mendorong karyawan untuk ikut berpartisipasi dan mencurahkan segala pikiran, kemampuan serta keahliannya dengan penuh kesadaran yang tinggi jujur dan rasa tanggungjawab terhadap pekerjaanya.
Kondisi lingkungan kerja merupakan faktor yang harus diperhatikan setiap perusahaan, karena berkaitan langsung dengan lingkungan dimana karyawan dapat bekerja dan melaksanakan tugasnya. Menurut Agus Ahyari pengertian dari kondisi lingkungan kerja adalah sebagai berikut : Kondisi lingkungan kerja adalah sesuatu yang disekitar karyawan dan dapat mempengaruhi karyawan dalam menjalankan tugasnya. Aspek-aspek kondisi kerja ini meliputi kualitas penerangan, sirkulasi udara, perlengkapan, tata ruang, kebisingan, keamanan, dan kebersihan
Prestasi kerja dipengaruh oleh beberapa faktor, antara lain kemampuan fisik dalam bekerja, semangat kerja dan kondisi lingkungan kerja. Fenomena yang terjadi adalah sering kali waktu kerja terlalu panjang sekitar 8 jam kerja, sehingga daya fisik karyawan berkurang. Selain itu karyawan juga kurang bersemangat dalam bekerja karena hanya mengerjakan hal yang sama. Kondisi lingkungan kerja yang kurang nyaman juga dapat mengurangi prestasi kerja.
Dinas Kesehatan Kota Surakarta merupakan Departemen pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat. Sebagai dinas yang bergerak di bidang kesehatan, tentunya dinas sangat memperhatikan daya fisik atau kesehatan pegawai, semangat kerja pegawai, dan lingkungan sekitar pegawai. Ketiga faktor tersebut akan mempengaruhi prestasi kerja pegawai pada Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta
Berdasarkan uraian diatas maka penulis merasa tertarik untuk meneliti, yaitu dengan mengambil judul ”Pengaruh Daya Fisik, Semangat Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta”

B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas peneliti mengambil perumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah ada pengaruh yang signifikan daya fisik terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta ?
2.      Apakah ada pengaruh yang signifikan semangat kerja terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta ?
3.      Apakah ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta ?
4.      Apakah ada pengaruh yang signifikan daya fisik, semangat kerja dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta secara simultan ?
C.    Tujuan Penelitian
Dari perumusan masalah yang telah ditetapkan, maka dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan daya fisik terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta
2.      Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan semangat kerja terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta
3.      Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kondisi lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta
4.      Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan daya fisik, semangat kerja dan kondisi lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai  Dinas  Kesehatan  Kota Surakarta secara simultan

D.    Kegunaan Penelitian
Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kegunaan dan sumbangan sebagai berikut :
1.      Bagi Penulis
 Untuk menambah pengetahuan dalam bidang sumber daya manusia khususnya daya fisik, semangat kerja dan kondisi lingkungan kerja dan.
2.      Bagi Instansi
 Sebagai bahan masukan dan informasi kepada Puskesmas dalam merumuskan kebijakan untuk meningkatkan prestasi pegawai pada Dinas Kesehatan Kota Surakarta..
E.     Sistematika Penulisan
Laporan penelitian ini terdiri dari :
BAB I     PENDAHULUAN
Bab ini berisi latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian dan sistematika penulisan
BAB II    LANDASAN TEORI
Bab ini tentang tinjauan pustaka tentang daya fisik, semangat kerja, kondisi lingkungan kerja dan prestasi kerja. Selain itu dalam bab ini juga akan dijabarkan penelitian yang terdahulu, kerangka pemikiran dan hipotesis penelitian.
BAB III  METODE PENELITIAN
Dalam bab ini akan membahas tentang lokasi penelitian, populasi dan sampel, jenis dan sumber data, definisi operasional variabel yang digunakan, metode pengumpulan data dan metode analisis.
BAB IV  ANALISIS DATA
Bab ini menguraikan pengujian berdasarkan data yang diperoleh. Pada bab ini juga akan dilakukan pengujian kuesioner yang meliputi validitas dan reliabilitas. Kemudian uji asumsi klasik. Uji hipotesisi yang meliputi regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Pada bab ini juga akan dijabarkan mengenai implikasi manajerial.

BAB V    PENUTUP
Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran. Bab ini merupakan pokok analisis yang mencoba untuk menarik kesimpulan dan isi penelitian secara singkat dan memberikan saran yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

 NB : INGIN BAB II , III, IV , DAN V SILAHKAN REQUEST DIKOLOM KOMENTAR, DAN TINGGALKAN ALAMAT E-MAIL SOBAT,,,,

0 Response to "SKRIPSI EKONOMI AKUNTANSI PENGARUH DAYA FISIK, SEMANGAT KERJA DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KOTA PEMERINTAH KOTA SURAKARTA"

Post a Comment

Agen Bola