Bola Tangkas

KUMPULAN MAKALAH TENTANG OLAHRAGA PENDIDIKAN JASMANI



TUGAS FILSAFAT PENDIDIKAN JASMANI
DAN OLAHRAGA


A. Pengertian filsafat :
  1. menurut kamus
    1. filsafat : cinta kepada kebijaksanaan dengan cara intelektual dan disiplin moral
    2. filsafat : suatu studi dari sebab-sebab dan hokum yang mendasari kenyataan
    3. filsafat : suatu system bagi pedoman hidup ( The Americn Heritage Dictionary)
  2. menurut Es Ames
Merumuskan filsafat sebagai “A comprehensive view of like and it’s meaning, upon the basis of the result of the various science”, tersimpul dalam definisi di atas adalah pengertian “Phylosophy is the mother of the science” dan “Synoptic thinking” atau metode berpikir sinoptis.
  1. Menurut J.A Leighton
Mendefinisikan filsafat sebagai “A world view, or reasoned conception of the whole cosmos, and a life view, or doctrine of the valves, meaning and purpose of human life”.
  1. menurut Theodore Brameld
Menyatakan definisi filsafat adalah “The discipline concerned with the formulation of procise meaning”.
  1. menurut Hardi Titus
Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan alam yang biasanya diterima secara kritis, suatu proses kritik/pemiluran terhadap kepercayaan dan sikap yang kita junjung tinggi, usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan, analisa logis dari bahasan serta penjelkasan tentang arti konesep, sekumpulan problema-problema yang langsung mendapatkan perhatian manusia dan dicarikan jawabannya untuk ahli filsafat (Jalaludin dan Said,1999:9).
  1. menurut Harun Nasution
Filsafat adalah berpikir tata tertib (logika) bebas (tidak terikat) pada tradisi dan sedalam-dalamnya sampai ke dasar persoalan (Nasution, 1973:24).
  1. menurut Imam Barnadib
Filsafat adalah pandangan yang menyeluruh dan sistematis. Menyeluruh karena filsafat bukan hanya sekedar pengetahuan, tetapi juga sesuatu pandangan yang menembus sampai dibalik pengetahuan itu sendiri. Dengan pandangan demikian, lebih terbuka kemungkinan untuk menemukan hubungan dan pertalian antara semua unsure yang dipertinggi dengan mengarahkan perhatian dan kedalaman mengenai kebijakan. Sistematis karena filsafat menggunakan berpikir secara sadar, teliti, dan teratur sesuai dengan hokum-hukum yang ada (Barnadib,1994:11-12).
  1. menurut Socrates (470-399 SM)
Menyatakan bahwa pengertian filsafat adalah pengetahuan sejati.
Jadi pengertian filsafat menurut pendapat saya adalah suatu pandangan yang dapat digunakan sebagai pedoman hidup untuk menghadapi berbagai masalah agar kita bias menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

B. Pengertian Pendidikan
      1. Menurut Jhon Dhewey pendidikan adalah proses pembentukan kecaklapan-  kecakapan fundamental secara intelektual, emosional, ke arah alam manusia.      (www.halimahuinbi2.blogspot.com,2009).
      2. Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajara dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinyadan masyarakat.
         (www.wikipedia.com,2009).  

C. Pengertian Pendidikan Jasmani
1. Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Lingkungan belajar diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotorik, kognitif, dan afektif setiap siswa.
2. Pendidikan Jasmani adalah fase dari program pendidikan keseluruhan yang memberikan kontribusi, terutama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh untuk tiap anak. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan dan melalui gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang tepat agar memiliki makna bagi anak. Pendidikan jasmani merupakan program pembelajaran yang memberikan perhatian yang proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran, yaitu psikomotor, kognitif, dan afektif.
(Cahyo.Dwi.2009.Pendidikan Jasmani olahraga atau bermain.
Online,http://ahmesabe.wordpress.com/2008/11/04/pengertian penjas,diakses 9-02-2009)

D. Pengertian Olahraga
1. Menurut Cholik Mutohir Olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.
2. Menurut ensiklopedia Indonesia olahraga adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sedangkan dalam Webster’s New Collegiate Dictonary (1980)  yaitu ikut serta dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan, dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games di Amerika Serikat)
      (Cahyo.Dwi.2009.Pendidikan Jasmani olahraga atau bermain.
      Online,http://ahmesabe.wordpress.com/2008/11/04/pengertian penjas,diakses 9-02-2009)

E. Pengertian Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Jadi menurut pendapat saya pengertian filsafat pendidikan jasmani dan olahraga adalah suatu pandangan dalam proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional.dengan tujuan memperoleh pengetahuan dan meningkatkan prestasi manusia melalui aktivitas fiskal dan penghalusan kemahiran motorik.


DAFTAR RUJUKAN

 www. Wikipedia.com.2009. pengertian pendidikan. (online)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan, diakses 9 februari 2009)
Sumedi AS,Pudjo.Drs,M.Ed.2008.pengertian Filsafat(online).
(http://akhmadsudrajat.woedpress.com/2008/02/08/pengertian-filsafat/, diakses 9 februari 2009)
www.wikipedia.com.2009.pengertian pendidikan jasmani.(online).
(http://ms.wikipedia.org/wiki/Pendidikan Jasmani,diakses 9 Februari 2009)
www.wikipedia.com.2009.pengertian olahraga.(onlione).
(http://id.wikipedia.org/wiki/olahraga,diakses 9 Februari 2009)

0 Response to "KUMPULAN MAKALAH TENTANG OLAHRAGA PENDIDIKAN JASMANI"

Post a Comment

Agen Bola