Bola Tangkas

CONTOH KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA LENGKAP PENERAPAN MIM MEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMAPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS



PENERAPAN MIM MEM DALAM MENINGKATKAN
KEMAMAPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS
SISWA KELAS XI  SMK NEGERI 1 LEMBAR




  II. BIDANG KAJIAN
        Pembelajaran percakapan bahasa inggris dengan tehnik mim mem
  III.
PENDAHULUAN
        Latar Belakang
  Usaha peningkatan sumber daya manusia sedang marak dilakukan di negara ini. Salah    satu perwujudannya adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan yang diusahakan oleh pemerintah sedemikian rupa sehingga terjadi penyempurnaan dan perubahan kurikulum beberapa kali.
kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Dengan demikian, implementasi kurikulum dapat menumbuhkan tanggung jawab dan partisipasi peserta didik untuk belajar menilai dan mempengaruhi kebijakan umum (public policy), serta memberanikan diri berperan serta dalam berbagai kegiatan, baik di sekolah maupun di masyarakat.
Guru sebagai fasilitator dituntut untuk dapat mengatur, mengarahkan dan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang kondusif sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan sesuai yang diharapkan. Oleh karenanya, guru dituntut pula untuk lebih professional, inovatif, perpsektif dan pro aktif dalam melaksanakan tugas pembelajaran.
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memerankan bagian yang sangat penting. Selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi juga digunakan untuk menguasai teknologi yang perkembangannya menuntut kita untuk mempelajarinya lebih dalam. Pembelajaran bahasa Inggris harus mencakup 4 ketrampilan berbahasa yaitu : membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing) secara terpadu. berbicara adalah salah satu ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa untuk  berkomunikasi dalam kegiatan sehari hari.

IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
a.       Perumusan Masalah
  Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan  permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui tehnik mim mem dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris bagi siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 lembar ?
b. Pemecahan Masalah
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman selama ini, siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Anak cenderung tidak begitu tertarik dengan pelajaran bahasa inggris karena selama ini masih dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hapalan semata, sehingga menyebabkan rendahnya minat dan hasi belajar bahasa inggris. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa baik dari internal maupun ekternal dari siswa.
Dari masalah - masalah tersebut  guru dituntut untuk merancang untuk mengatasi problem rendahnya hasil belajar siswa. Siswa perlu mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus, tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikanya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar
 Dengan penggunaan tehnik mim mem akan mampu mengkondisikan dalam bentuk motifasi ekstrinsik bagi siswa itu sendiri, hal ini dikarenkan kondisi ini menggerakan  segala aspek potensi yang dimiliki siswa, siswa akan mencoba mencurahkan kemampuannya dalam  menyelesaikan permasalahannnya.
Menurut Moh. Uzer ( 1996:29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar,.”
c. Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam proposal penelitian tindakan kelas ini adalah :
 “Jika tehnik mim mem digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris, maka kemampuan berbicara bahasa inggris Siswa kelas XI SMK Negeri 1 lembar akan meningkat”.
V. TUJUAN PENELITIAN
a. Tujuan Umum
     Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru bahasa inggris dan siswa untuk meningkatkan kemamapuan berbicara dalam bahasa inggris.
b. Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari penelitian ini :
“Untuk mengetahui apakah melalui tehnik mim mem dapat meningkatkan kemampuan berbicara bagi siswa kelas XI  Sekolah Menengah Negeri 1 lembar
Tujuan lain yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat belajar dan aktifitas siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa inggris pada Siswa kelas XI SMK Negeri 1 lembar
VI. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Secara teoritis dan praktis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk :
a. SMK Negeri 1 lembar
Bagi  Sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk merumuskan kebijakan yang mengarah pada peningkatan kemampuan berbahasa inggris siswa khususnya dalam berbicara(speaking)
b. Bagi Guru :
Bagi guru, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih tehnik dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tertentu yang dialami oleh siswa, sehingga dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Bagi guru lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan acuan untuk melak-sanakan kegiatan yang sejenis..
VII. KAJIAN PUSTAKA
Landasan Teori
1.1.Pe
lajaran bahasa inggris
            Bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.
Bahasa inggris membantu banyak orang sebagai jembatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi,penting dalam perdagangan internasional, politik, pariwisata dan semacamnya.
            Menurut Seken(1992), widdowson(1981)dan Richard and rogers(1986)bahasa adalah alat komunikasi diantara pembicara sebagai realisasi dari interaksi dan kerjasama.tetapi berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris tentu tidak semudah kita menggunakan bahasa indonesia oleh karenaitu pembicara harus akurat dalam artian bagus dan benar tata bahasa,penggunaan kosakatanya dan pengucapannya.dengan demikian kelancaran berbahasa inggris akan terjadi bila kita sudah akurat menurutByrne(1990) .
1.2.Teknik
Dalam umum bahasa Indonesia teknik diartikakan cara (kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (purwadarminta,: 1035). Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa berbahasa inggris
1.3 Mim Mem
            Istilah ini pertama kali saya dengar dari sebuah trining untuk para calon pengajar di sebuah lembaga kursus bahasa inggris yang saya ikuti pada tanggal 23-26 november 2009. Namun demikian hal ini sudah ada dan mungkin sudah diterapkan di berbagai lembaga pendidikan semacam kursus sebelum tahun tersebut.
Langkah – langkah mim mem adalah sebagai berikut:
a)      Buku-buku harus ditutup.
b)      Guru menuliskan sebuah dialog di papan disesuaikan dengan kemampuan siswa jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek.serta sesuaikan pula dengan tema yang sedang dibahas.
c)      Guru membacakan dialog tersebut baris demi baris.minta siswa mengikuti kalimat tersebut.ketika siswa telah mengingat kalimat tersebut,hapuslah kalimatnya baris demi baris.
d)     Bagi kelas menjadi dua kelompok a dan b.mintalah siswa untuk mempraktikan dialog.
e)      Bagilah siswa menjadi berpasang pasangan.satu siswa sebagai adan yang lain sebagai b.kemudian mintalah mereka untuk mempraktikkan
f)       Undanglah siswa secara berpasangan untuk melakukan dialog tersebut didepan kelas.bantulah mereka apabila belum hafal.
g)       mintalah siswa untuk menuliskan kembali dialog itu
h)      Mintalah siswa untuk membuat dialog sesuai denngan topik yang sedang dibahas agar mereka bisa juga mengespresikan ide-ide mereka.        
2. Kerangka Berpikir
2.1. Meningkatkan
kemamapuan berbahasa inggris
Hasil belajar adalah segala kemampuan yang dapat dicapai siswa melalui proses belajar yang berupa pemahaman dan penerapan pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi siswa dalam kehidupannya sehari-hari.
Hasil belajar bahasa inggris adalah hasil belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajara tersebut berupa seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar yang berguna bagi siswa untuk kehidupan sosialnya baik untuk masa kini maupun masa yang akan datang. Hasil belajar didapat baik dari hasil tes (formatif, subsumatif dan sumatif), unjuk kerja (performance), penugasan (Proyek), hasil kerja (produk), portofolio, sikap serta penilaian diri
2.2.Pendekatan dan penerapan
Penerapan
tehnik ini bisa digunakan untuk berbagai topik khususnya yang menitik beratkan pada kemampuan siswa dalam berbicara(speaking)


VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Rencana Penelitian
1. Subjek penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 lembar jumlah 13  siswa.  Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitian tersebut dimana siswa kelas XI belum akurat dan lancar berbicara bahasa inggris.
2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di SMK Negeri 1 lembar, penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan oktober s.d desember. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester Ganjil Tahun pelajaran 2010/2011.
4. Lama Tindakan
Waktu  melaksanakan tindakan pada bulan , mulai dari siklus I, Siklus II .

5. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran, pemberian tugas, pembahasan tugas , tes formatif dan pengamatan.
2. Tindakan ( Action )/ Kegiatan, mencakup
a. Siklus I, meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b. Siklus II ( sama dengan I )
3. Refleksi, dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.

IX. JADWAL PENELITIAN
No
KEGIATAN
MINGGU KE……..

1.Perencanaan

2Proses pembelajaran

3Evaluasi

4Pengumpulan Data

5Analisis Data

6 Penyusunan Hasil
7 Pelaporan Hasil

X. BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti

XI.
PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti / teman sejawat.

0 Response to "CONTOH KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA LENGKAP PENERAPAN MIM MEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMAPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS"

Post a Comment

Agen Bola