Bola Tangkas

DOWNLOAD KUMPULAN SKRIPSI JURUSAN MANAGEMENT TERBARU



ANALISIS PENENTUAN WAKTU KEGIATAN PERAWATAN PREVENTIF





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
            Ditengah ketidakstabilan perekonomian dan semakin tajamnya persaingan didunia industri , maka merupakan suatu keharusan bagi suatu perusahaan untuklebih meningkatkan efisiensi kegiatan operasinya . Salah satu hal yang mendukung kelancaran kegiatan operasi pada suatu perusahaan adalah kesiapan mesin – mesin produksi dalam melaksanakan tugasnya . untuk mencapai hal itu diperlukan adanya suatu sistem perawatan yang baik .
            Kegiatan perawatan mempunyai peranan yang sangat penting , karena selain sebagai pendukung  beroperasinya sistem agar lancar sesuai yang dikehendaki , kegiatan perawatan juga dapat meminimalkan biaya atau kerugian – kerugian yang ditimbulkan karena adanya kerusakan mesin . Perawatan dapat dibagi menjadi beberapa macam , tergantung dari dasar yang dipakai untuk menggolongkannya , tetapi pada dasarnya terdapat dua kegiatan pokok dalam perawatan yaitu perawatan preventif  yang dimaksud untuk menjaga keadaan peralatan sebelum peralatan itu rusak dan perawatan korektif yang dimaksud untuk  memperbaiki peralatan yang rusak .
            Suatu mesin terdiri dari berbagai komponen yang mungkin saja sangat vital , sehingga apabila komponen tersebut mengalami kerusakan maka akan mendatangkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan , untuk itu tidak bisa dipungkiri perlunya suatu perencanaan kegiatan perawatan bagi masing – masing mesin produksi untuk memaksimalkan sumberdaya yang ada , tetapi keuntungaan yang akan diperoleh perusahaan dengan lancarnya kegiaatan produksi akan lebih besar .
            Dengan melihat kenyataan pentingnya kegiatan perawatan , penelitian ini mencoba untuk mengemukakan analisis penentuan waktu kegiatan perawatan preventif yang tepat bagi masing – masing mesin produksi sesuai keandalannya sehingga dapat meminimalkan biaya perawatan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan  . Studi kasus dilakukan pada  PT . DUNIA SANDANG ABADI TEXTILE  - KARANGAYAR  
1.2. Identifikasi Masalah
            Kerusakan mesin merupakan salah satu hal yang dapat menghambat jalannya proses produksi . apabila pada proses produksi tersebut digunakan sistem berurutan , maka kerusakan salah satu mesin pada stasiun kerja dapat mempengaruhi jalannya seluruh proses peoduksi . oleh karena itu dibutuhkan suatu rencana perawatan yang tepat bagi setiap mesin sehingga mesin ini dapat bekerja dengan baik . Perencanaan perawatan yang akan dilakukan dapat didasari oleh keandalan dari mesin tersebut , dimana keandalan  ( realiability ) didefinisikan sebagai peluang atau probability suatu unit atau sistem berfungsi normal jika digunakan menurut operasi tertentu untuk suatu periode waktu tertentu .
            Berdasar uraian diatas maka timbul suatu pertanyaan “Apakah kegiatan yang dilakukan selama ini telah memenuhi keandalan yang dibutuhkan dari mesin tersebut  ? “ dan “ apakah perawatan yang dilakukan selama ini sudah optimal  ?

1.3. Batasan Masalah
            Dalam membahas masalah yang diuraikan diatas , penyusun memberikan beberapa batasan , yaitu :
  1. Jenis perawatan yang dilakukan adalah perawatan pencagahan atau preventif .
  2. Aspek teknis dalam pelaksanaan kegiatan perawatan tidak termasuk dalam pembahasan .
  3. Penelitian dilakukan pada Departemen  Weaving pada mesin tenun .
  4. Data historis yang ada dianggap cukup untuk mendukung penelitian .  
1.4 . Tujuan penelitian
            Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif dalam menentukan waktu pelaksanaan kegiatan perawatan preventif , bagi mesin tenun yang dapat meminimalkan biaya perawatan yang dikeluarkan perusahaan .
1.5. Manfaat penelitian
            Manfaat penelitian ini adalah diperolehnya alternatif kebijakan perawatan bagi mesin tenun sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut dan sehingga perawatan yang dilakukan dapat optimal .

1.6. Sistematika  Penulisan Laporan
            Agar pembahasan dalam laporan kerja praktek ini memenuhi persyaratan maka didalam penulisannya dibagi dalam tahapan – tahapan . sistematika tersebut  adalah sebagai berikut :

             I.      PENDAHULUAN

Dalam bab ini akan diuraikan tentang latar belakang masalah penelitian  perumusan masalah , batasan masalah , tujuan penelitian dan manfaat penelitian .

          II.      LANDASAN TEORI

Dijelaskan tentang hasil penelitian yang berhubungan dengan teori – teori dasar serta hasil – hasil penelitian yang pernah dilakukan  sebelumnya . Kesimpulan bahwa penelitian yang dilakukan tidakmenjiplak hasil penelitian orang lain .

       III.      METODOLOGI PENELITIAN

Pada bab ini akan dijelaskan langkah penelitian yang akan digunakan , cara pengumpulan  dan pembahasan data , pengolahan data .

       IV.      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Berisikan data – data yang dikumpulkan yang selanjutnya akan digunakan dalam proses pengolahan dan dianalisis sebagai bahan perumusan alernatif kebijakan yang akan diambil .

          V.      KESIMPULAN DAN SARAN

Hasil penelitian kemudian disimpulkan yang ditulis secara singkat hasil yang diperoleh  dari penelitian ini . kemudian pemberian saran khususnya untuk kelangsungan penelitian  yang akan datang . 



NB: BAGI SOBAT YANG INGIN VERSI LENGKAPNYA BISA REQUEST DI KOLOM KOMENTAR TERIMA KASIH



3 Responses to "DOWNLOAD KUMPULAN SKRIPSI JURUSAN MANAGEMENT TERBARU "

  1. Postingan yang menarik dan sangat bermanfaat buat banyak orang sobat. Thanks for sharing and keep blogging! :)

    ReplyDelete
  2. saya mau versi lengkap nya mas, klo boleh kirim ke email saya sofieqorryaina@gmail.com
    makasih banyak

    ReplyDelete
  3. sofie : okey,,di tunggu ya,,segera saya kirimkan

    blogaul: terima kasih untuk komentar membangunnya.

    ReplyDelete

Agen Bola