Kumpulan Skripsi teknik informatika lengkap PERANCANGAN WEBSITE PORTAL INFORMASI


PERANCANGAN WEBSITE PORTAL INFORMASI
 PIMPINAN  CABANG MUHAMMADIYAH
KRAMAT JATI




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.         Latar Belakang Masalah
Muhammadiyah adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Dalam kiprahnya selama ini Muhammadiyah telah banyak membantu mendidik bangsa Indonesia dengan landasan pendidikan Islam. Diantaranya adalah pendidikan umum mulai dari tingkat Taman Kanan-kanak (TK) sampai dengan Perguruan Tinggi.
Masyarakat umum telah banyak mengenal Muhammadiyah sebagai salah satu penyelanggara pendidikan dengan mutu dan kualitas terbaik. Selain pendidikan umum, masyarakat juga mengenal Muhammadiyah sebagai penyelenggara kajian Agama Islam yang aktif dan interaktif.
Begitu juga halnya dengan Muhammadiyah Cabang Kramat Jati, telah banyak masyarakat yang mengenalnya sebagai penyelenggara pendidikan umum, diantaranya Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam penyelenggaraan Kajian Islamnya, masyarakat sekitar banyak yang telah mengetahui jadwalnya, namun masyarakat luas masih belum banyak mengetahui, terkadang dalam menginformasikan jadwal kajian Islam yang ada dilingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati, pihak penyelenggara harus membuat spanduk, yang artinya membutuhkan biaya tambahan dalam penyelenggaraannya.
Sedangkan dunia teknologi informasi saat ini semakin berkembang dan maju, dalam penyebaran informasi sangat cepat dan luas. Salah satu media informasi yang efektif adalah internet. Telah diakui banyak kalangan bahwa internet adalah salah satu media informasi yang cukup efektif dan murah dalam hal penyebarluasan informasi, baik dibidang pendidikan maupun dibidang berita.
Untuk menyebarluaskan informasi di internet adalah dengan menggunakan website. Jika Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati memiliki website maka dalam hal penyebaran informasi, baik informasi kegiatan, pendidikan maupun berita aktual seputar kegiatan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati akan lebih mudah dan murah, sehingga masyarakat luas dapat mengetahuinya, bahkan bukan hanya masyarakat sekitar tetapi juga dunia. Sehingga masyarakat luas yang ingin mencari informasi mengenai Muhammadiyah Cabang Kramat Jati dapat dengan mudah mendapatkannya, tak terbatas ruang dan waktu, karena website dapat diakses kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Sehingga akan menjadi sebuah prestasi kemajuan yang dapat dibanggakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati di mata masyarakat luas.
Oleh karena itu, dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil tema :

PERANCANGAN WEBSITE PORTAL INFORMASI
 PIMPINAN  CABANG MUHAMMADIYAH
KRAMAT JATI



1.2.         Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan skripsi ini adalah :
1.    Memberikan sumbangan pikiran dalam penggunaan sistem komputer, yang ditujukan untuk pencarian informasi yang mempunyai sifat online dalam efisiensi waktu, yaitu dapat diakses dimana saja dan kapan saja dibutuhkan sehingga pihak yang berwenang dan membutuhkan informasi tidak mengalami kesulitan untuk memperolehnya.
2.         Kehadiran Website Portal Informasi ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi aktual seputar kegiatan-kegiatan di Muhammadiyah, khususnya Muhammadiyah Cabang Kramat Jati Jakarta Timur serta memberikan informasi jadwal kajian agama Islam yang diselengarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati kepada para anggota dan masyarakat pada umumnya.

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai untuk mengimplementasikan keilmuan yang didapat selama mengikuti perkuliahan.
1.3.       Metode Penelitian
            Adapun metode penelitian yang penulis lakukan dalam pembuatan skripsi ini penulis melakukan riset di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati adalah :
1.         Metode Observasi
Selama riset penulis melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan oleh staff pengurus harian yang bertugas melaksanakan kegiatan pokok.
2.         Wawancara
Penulis melakukan tanya jawab langsung dengan staff pengurus, pegawai dan pimpinan Muhammadiyah Cabang Kramat Jati .
3.      Metode Studi Pustaka,
Dengan metode studi pustaka ini penulis, mendapat sumber  data dari buku-buku dan makalah-makalah yang berhubungan dengan studi literatur pada buku atau referensi yang berkaitan dengan perancangan website.

1.4.       Ruang Lingkup
Perancangan Website Portal Informasi ini memiliki ruang lingkup yaitu membatasi pada proses penginputan berita aktual, jadwal kegiatan, informasi seputar Muhammadiyah Kramat jati untuk masyarakat umum serta forum diskusi untuk anggota yang telah terdaftar.

1.5.         Sistematika Penulisan.
Dalam penulisan skripsi ini penulis akan membagi sistematika penulisan dalam empat bab, dimana satu dan yang lainnya saling berhubungan. Adapun sistematika penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :

BAB I         PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan secara umum tentang teknologi, maksud dan tujuan penulisan, ruang lingkup dan sistematika penulisan.

BAB II        PEMBAHASAN
Uraian singkat tentang konsep dasar web dari pemrograman PHP dengan basis data MySql dan Unified Modelling Language merupakan pembahasan dari bab ini.
BAB III       PERANCANGAN WEB
Berisi tentang objek rancangan program yang akan dibuat, tinjauan organisasi, permasalahan dan alternatif permasalahan, serta Unified Modelling Language (UML) dalam pembuatan “Website  Portal Informasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati”. Dalam bab ini juga dibahas mengenai arsitektur dan proses publikasi web yaitu berupa nama domain, kapasitas hosting dan analisa biaya.
BAB IV     PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan serta saran-saran yang berhubungan dengan   pembangunan program yang dibutuhkan.

BAB II

LANDASAN TEORI


2.1.     Konsep Dasar Web Program
Suatu web site (world wide web) tidak terlepas dari perkembangan internet yang berawal dari cara berkomunikasi para ilmuwan dan peneliti di Amerika, namun saat sekarang ini telah berkembang menjadi media komunikasi global yang dipakai semua orang di dunia. Pertumbuhan ini membawa masalah penting mendasar, diantaranya kenyataan internet tidak diciptakan pada jaman graphical user interface (GUI) seperti saat ini. Internet dimulai pada masa dimana orang masih menggunakan alat-alat akses yang tidak user-friendly yaitu terminal berbasis text serta perintah-perintah command line yang panjang-panjang serta susah diingat, sangat berbeda dengan komputer dewasa ini yang menggunakan klik tombol mouse layar grafik berwarna yang sudah mempunyai tampilan yang menarik disertai konsep multimedia dari mulai teks, gambar, animasi, suara (audio) dan film (video), serta konsep hyperlink perhalaman. Bahkan terjadi manipulasi data antar komputer, penyimpanan data serta informasi yang sangat akurat tercepat dan terbaru dari seluruh dunia.
Penyajian suatu web harus terprogram dan sedinamis mungkin, dengan pemanfaatan aplikasi client-server dalam hal ini programer akan mengalami kesulitan dalam proses pemeliharaannya karena pengunjung suatu web akan berinteraksi secara langsung dengan database jika nantinya web tersebut melakukan pengolahan query didalamnya.

A.      Pengertian Web Browser dan HTML
         Web browser adalah program untuk menampilkan  halaman yang berbentuk kode HTML. Semua halaman web ditulis dengan bahasa HTML (Hypertext Mark Up Language). Walaupun beberapa file mempunyai ekstensi yang berbeda (contoh .html, .php, .php3), output file-file tersebut tetap HTML. HTML adalah medium yang selalu dikirimkan ke web browser baik halaman itu berupa halaman statis, sebuah script (seperti PHP), ataupun yang dibuat oleh program CGI (Common Gateaway Interface).
         HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. HTML adalah versi yang sederhana dari SGML (Standardized Generalized Markup Language), yaitu bahasa untuk pertukaran data. Dikatakan markup language karena HTML berfungsi untuk memformat file teks biasa untuk bisa ditampilkan pada web browser dengan bantuan tanda-tanda yang sudah ditentukan.

B.      Aplikasi Web berbasis client dan berbasis server.
         Saat ini web tidak semata-mata digunakan untuk menampilkan informasi saja, namun fungsi web semakin meluas. Web mulai digunakan untuk aplikasi yang banyak membutuhkan interaksi dan pengguna.
         Aplikasi web tidak saja digunakan di internet, namun juga dapat digunakan untuk keperluan intra organisasi. Jaringan aplikasi web yang terpasang dalam lingkungan intra-organisasi disebut intranet.
         Dengan kebutuhan yang semakin kompleks tidak lagi menjadi mudah dan menarik dengan hanya menggunakan HTML. Diperlukan sesuatu yang lebih agar interaksi pengguna dapat sebagai pengendali datangnya informasi.
         Oleh sebab itu beberapa perusahaan perangkat lunak mulai berlomba untuk menawaarkan teknologi bahasa pemrograman, script, ekstensi baik gratis maupun komersial untuk membuat situs web lebih menarik. Teknologi aplikasi web secara umum terbagi menjadi dua.
         Yang pertama, pemrosesan dilakukan di sisi web server. Contoh aplikasi sisi server adalah PHP, ASP dan Perl. Biasanya sisi server digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan koneksi ke basis data.
         Yang kedua, proses dilakukan di sisi web browser. Web browser (sebagai klien) yang hanya menerima outputnya saja. Biasanya aplikasi sisi klien digunakan untuk hal-hal yang membutuhkan banyak interaksi pengguna dan menggunakan informasi yang seragam dan pasti. Contoh aplikasi pada sisi klien adalah aplikasi permainan dengan Java Script, Vbscript, Applet dll.

C.        Aplikasi Basis Data berbasis web dengan arsitektur aplikasi multi-tier.
Arsitektur multi lapisan (dalam hal ini tiga lapisan) terdiri dari lapisan-lapisan yaitu. Lapisan pertama adalah klien yang berupa web browser untuk menampilkan halaman web. Lapisan kedua adalah aplikasi web server yaitu PHP dan Appserver sebagai server web (tempat penyimpanan dokumen web). Lapisan ketiga adalah server basis data RDBMS My SQL.
D.        Cara Kerja Aplikasi Basis Data berbasis Web dengan PHP, MySQL dan Appserver.
a.         Misalkan saja komputer membuka halaman web yang memakai php pada aplikasi Sistem Informasi Pengolahan Data Siswa Kursus yang sudah di upload di dalam  server. Contoh : www.kursusxyz.ac.id/data/login.php. Tampilan yang dilihatnya berupa pengisian formulir username dan password.
b.        Web server Appserver menerima permintaan data yang berupa login.php. Appserver sudah diset untuk mengirim skrip yang berakhiran .php untuk diproses PHP.
c.         Skrip ini lalu diproses oleh php, salah satu fungsinya adalah membuka koneksi dan mencari data yang ada di server MySQL. Pada aplikasi ini  login.php berfungsi mengecek apakah login dan password yang dimasukan melalui formulir di halaman web tersebut ada dalam basis data.
d.        MySQL menanggapi permintaan ini berupa output dari hasil pencarian data dengan SQL. Misal saja hasilnya adalah data tidak ditemukan.
e.         Respon dari MySQL berupa output SQL diterjemahkan lagi ke dalam bentuk html oleh php, lalu dikirim lagi ke Appserver.
f.         Appserver lalu mengirim kembali hasil ini ke web browser.


E.        Pengenalan Program PHP
PHP secara resmi merupakan kependekan dari PHP:HyperText Preprocessor, merupakan bahasa script server-side yang bersifat open source. Bahasa PHP menyatu dengan script HTML yang sepenuhnya sepenuhnya dijalankan  pada server.
PHP dahulunya merupakan proyek pribadi dari Rasmus Lerdorf, yang digunakan pertama kalinya sebagai proyek homepage pribadinya. Pada masa berikutnya PHP mengalami perkembangan hingga versi terbarunya saat ini adalah PHP versi 5 beta.
PHP (PHP:HyperText Preprocessor) adalah bahasa interpreter yang banyak digunakan dalam internet dan intranet, sebagai program yang diintegrasi ke dalam web server seperti Appserver atau Microsoft Internet Information Service (IIS).
Bila PHP berada dalam halaman web, maka tidak lagi dibutuhkan pengembangan lingkungan khusus atau direktori khusus. Hampir seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP. Di samping itu ada beberapa hal yang menjadi keunggulan PHP, antara lain :
1.         Mempunyai dukungan kepada banyak database, sehingga membuat halaman web yang menggunakan data dari database dengan sangat mudah dapat dilakukan.
2.         Fleksibilitas yang tinggi, menyamai High Level Programming Language.
3.         Mempunyai banyak fungsi “Built in”. Berjalan di banyak platform seperti UNIX, LINUX dan Windows 95/98/NT/2000. Karena program PHP ini dieksekusi di Server, maka PHP disebut sebagai Server Side Scripting Language.
4.         PHP adalah produk open source yang dapat didistribusikan tanpa dikenakan biaya.

F.        Manajemen session pada PHP
Istilah session berarti waktu yang dihabiskan seorang pengguna berada dalam suatu web tertentu. Manajemen session adalah mekanisme untuk mempertahankan suatu keadaan tentang sebuah rangkaian permintaan dari pengguna yang sama dalam periode waktu tertentu.
Masalahnya HTTP tidak punya mekanisme untuk  mempertahankan keadaan. Setiap permintaan halaman web tidak berhubungan dan terisolasi satu sama lain. Server Web tidak bisa secara mudah membedakan antara tiap pengguna dan tidak tahu tentang session pengguna.
Manajemen session berarti cara untuk menghubungkan sebuah data dengan pengguna selama pengguna mengunjungi sebuah situs web dalam periode waktu tertentu.
Sebagai contoh suatu aplikasi dalam tulisan ini seorang user. User akan memperoleh hak ases dan tampilan situs web sesuai levelnya. User selama ia mengunjungi situs Sistem Informasi Pengolahan Data Kursus. Padahal pengguna selama di situs tersebut mengakses banyak halaman web karena berpindah-pindah  halaman. Tanpa manajemen session hal ini tidak dimungkinkan karena tiap permintaan tidak berhubungan/ terisolasi satu sama lain sehingga kita tidak bisa mempertahankan hak ases dan melewati berbagai halaman.

Tabel II.1. Tabel Fasilitas-fasilitas pada PHP
1.Koneksi Basis Data
Mendukung koneksi ke banyak program-program basis data ada di pasaran seperti Oracle, ODBC, PostgreSQL, dbase, Informix, MySQL.
2.Koneksi ke protokol-protokol yang ada di di TCP/IP
IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, misal fungsi untuk mengirim email, upload dan download file.
3.Pembuatan Gambar
Dengan Gambar (library untuk membuat gambar) yang dikompilasi php bisa menghasilkan file gambar berbentuk PNG (portable network graphic). Gambar yang baru tidak mendukung gif lagi, karena gif sudah bukan format gratis lagi.
4.Manajemen Session
Mulai ditambahkan pada versi 4.0
5.Fasilitas lainnya
Pembuatan file PDF (juga sudah tidak gratis lagi), bahkan sudah ada modul untuk membuat Shockwave Flash

G.        Pengenalan Database MySQL
MySQL adalah Multiuser database yang menggunakan bahasa Structured Query Language (SQL).
MySQL merupakan software sistem manajemen database (Database Management System – DBMS) yang sangat populer di kalangan pemrogram web, terutama di lingkungan Linux. Dengan menggunakan script PHP dan PERL Software database ini dapat berfungsi atau berjalan pada semua platform sistem operasi yag biasa digunakan (Windows, Linux, OS/2, berbagai varian Unix). Software Server MySQL (tm) pertama dibuat oleh Michael “Monty” Windenius dan kawan-kawannya, pada tahun 1994.
Sama halnya dengan PHP, MySQL merupakan jenis software yang termasuk open source. Database ini tersedia bebas dan siapa saja dapat mengembangkan software ini, tanpa biaya.




2.2.     Peralatan Pendukung
A.      Unified Modelling Language (UML)
Unified Modelling Language (UML) adalah sistem notasi yang sudah dibakukan di dunia pengembangan sistem, hasil kerjasama dari Grady Booch, James Rumbaugh dan Ivar Jacobson. UML yang terdiri dari serangkaian diagram memungkinkan bagi sistem analis untuk membuat cetak biru sistem yang komperhensif kepada klien, programmer dn tiap orang yang terlibat dalam proses pengembangan. UML menawarkan sebuah standart untuk merancang model sebuah sistem. Dengan menggunakan UML kita dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun.
Seperti bahasa bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax/semantik. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak. Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan UML syntax mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat dikombinasikan. Notasi UML terutama diturunkan dari 3 notasi yang telah ada sebelumnya : Grady Booch OOD (Object Oriented Design), Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Technique), dan Ivar Jacobson OOSE (Object Oriented Software Engineering).
Abstraksi konsep dasar UML terdiri dari structural classification, dynamic behavior, dan model management. UML mendefinisikan diagram-diagram sebagai berikut :

1.         Use Case Diagram
Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya. Seorang/sebuah aktor adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan sistem untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Use case diagram dapat sangat membantu apabila kita sedang menyusun requirement sebuah sistem, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua feature yang ada pada sistem.
2.         Class Diagram
Class adalah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Class memiliki tiga area pokok :
1.         Nama (dan stereotype)
2.         Atribut
3.         Metoda
Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut:
a.        Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan.
b.       Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya.
c.        Public, dapat dipanggil oleh siapa saja.
Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yang hanya memiliki metoda. Interface tidak dapat langsung diinstansikan, tetapi harus diimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface mendukung resolusi metoda pada saat runtime.
Hubungan Antar Class :
a.        Asosiasi, yaitu hubungan statis antar class. Umumnya menggambarkan class yang memiliki atribut berupa class lain, atau class yang harus mengetahui eksistensi class  lain. Panah navigability menunjukkan arah query antar class.
b.       Agregasi, yaitu hubungan yang menyatakan bagian (“terdiri atas...”).
c.        Pewarisan, yaitu hubungan hirarkis antar class. Class dapat diturunkan dari class lain dan mewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dan menambahkan fungsionalitas baru, sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalah generalisasi.
d.       Hubungan dinamis, yaitu rangkaian pesan (message) yang di-passing dari satu class kepada class lain. Hubungan dinamis dapat digambarkan dengan menggunakan sequence diagram yang akan dijelaskan kemudian.

3.         Statechart diagram
Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram). Dalam UML, state digambarkan berbentuk segi empat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalam kurung siku. Action yang dilakukan sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring. Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah.
4.         Activity Diagram
Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem dan interaksi antar subsistem secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum. Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas. Sama seperti state, standart UML menggunakan segi empat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Decision digunakan untuk menggambarkan behaviour pada kondisi tertentu, digambarkan dengan simbol belah ketupat. Untuk mengilustrasikan proses-proses paralel (fork and join) digunakan titik sinkronisasi yang dapat berupa titik, garis horizontal atau vertikal. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.
5.         Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri antar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class. Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message. Untuk objek-objek yang memiliki sifat khusus, standar UML mendefinisikan icon khusus untuk objek boundary, controller dan persistent entity.
6.         Collaboration Diagram
Collaboration Diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1 (satu). Messages dari level yang sama memiliki prefix yang sama pula.


7.         Component Diagram
Component Diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) diantaranya. Komponen piranti lunak adalah modul berisi code, baik berisi source code maupun binary code, baik library maupun executable, baik yang muncul pada compile time, link time, maupun run time. Umumnya komponen terbentuk dari beberapa class dan atau package, tapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebih kecil. Komponen dapat juga berupa interface, yaitu kumpulan layanan yang disediakan sebuah komponen untuk komponen lain.
8.         Deployment Diagram
Deployment/pysical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal. Sebuah node adalah server, workstation atau piranti keras lain yang digunakan untuk men-deploy komponen dalam lingkungan sebenarnya.
9.         Package Diagram
Adalah sebuah bentuk pengelompokkan yang memungkinkan untuk mengambil sebuah bentuk di UML dan mengelompokkan elemen-elemennya dalam tingkatan unit yang lebih tinggi. Kegunaan package yang paling umum adalah untuk mengelompokkan class.


B.      Langkah-Langkah Penggunaan UML secara umum :
1.         Langkah pertama adalah membuat daftar business process dari level tertinggi untuk mendefinisikan aktivitas dan proses yang mungkin muncul.
2.         Selanjutnya use case untuk tiap business process dipetakan untuk mendefinisikan dengan tepat fungsionalitas yang harus disediakan oleh sistem. dan use case diagram diperhalus dan dilengkapi dengan requirement, constraints dan catatan-catatan lain.
3.         Fungsi deployment diagram secara kasar untuk mendefinisikan arsitektur fisik sistem.
4.         Pendefinisian requirement lain (non-fungsional, security dan sebagainya) yang juga harus disediakan oleh sistem.
5.         Berdasarkan use case diagram, mulailah membuat activity diagram.
6.         Diperlukan adanya Definisi objek-objek level atas (package atau domain) kemudian pembuatan sequence dan/atau collaboration diagram untuk tiap alir pekerjaan. Jika sebuah use case memiliki kemungkinan alir normal dan error, perlu dibuat satu diagram untuk masing-masing alir.
7.         Selanjutnya diperlukan adanya rancangan user interface model yang menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk menjalankan skenario use case.
8.         Berdasarkan model-model yang sudah ada, dapat dibuat class diagram. Setiap package atau domain dipecah menjadi hirarki class lengkap dengan atribut dan metodanya. Akan lebih baik jika untuk setiap class dibuat unit test untuk menguji fungsionalitas class dan interaksi dengan class lain.
9.         Setelah class diagram dibuat, kita dapat melihat kemungkinan pengelompokkan class menjadi komponen-komponen. Karena itu perlu dibuatnya component diagram pada tahap ini. Juga, diperlukan adanya definisi tes integrasi untuk setiap komponen meyakinkan ia berinteraksi dengan baik.
10.      Perhalus deployment diagram yang sudah dibuat. Detailkan kemampuan dan requirement piranti lunak, sistem operasi, jaringan, dan sebagainya. Petakan komponen ke dalam node.
11.      Setelah tahap-tahap diatas baru dapat dimulai membangun sistem. Ada dua pendekatan yang dapat digunakan :
a.     Pendekatan use case, dengan meng-assign setiap use case kepada tim pengembang tertentu untuk mengembangkan unit code yang lengkap dengan tes.
b.    Pendekatan komponen, yaitu meng-assign setiap komponen kepada tim pengembang tertentu.
12.      Apabila tahap-tahap diatas telah terpenuhi maka diperlukan adanya uji modul dan uji integrasi serta perbaikan model beserta code-nya. Model harus selalu sesuai dengan code yang aktual.


BAB III

RANCANGAN WEB


3.1      Umum
Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati adalah sebuah organisasi cabang dalam organisasi Muhammadiyah. Kegiatan yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati antara lain : Perguruan (pendidikan), Pengkajian Ilmu Agama Islam dan lain-lain.

3.2    Tinjauan Perusahaan/Organisasi
3.2.1 Sejarah Perusahaan/Organisasi
      a.   Sejarah berdirinya Pimpinan Cabang Muhammadiyah  Kramat Jati
            Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati didirikan pada tanggal 1 Juni 1952. Sejak berdiri hingga saat ini Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati telah dipimpin oleh 3 Pemimpin yang berbeda gaya kepemimpinannya.
            Dengan Visi : “ Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar. Amal Ma’ruf Nahi Mungkar “,serta misi : “ Menciptakan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya ” Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, baik dari segi pendidikan maupun sosial masyarakat.
            Letak bangunan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati berada di kawasan perkantoran dan pemukiman di jalan Dewi Sartika no : 3165A Cawang Jakarta Timur.
            Bangunan megah yang menyatu dengan Masjid Baiturahmah dan juga sekolah SMP & SMA Muhammadiyah 4 tersebut adalah hasil dari dana sumbangan Perusahaan National Panasonic Gobel. Management organisasi berjalan on the right track, perlahan tapi pasti. Keberhasilan tersebut tentu bukan saja karena bagusnya management organisasi, tetapi juga tak lepas dari bimbingan dan kerja keras para staff yang gigih meningkatkan mutu layanan.
            Bangunan megah tersebut diresmikan pada tahun 2002 oleh Bapak Hamzah Haz yang pada saat itu menjadi Wakil Presiden pada masa kepemimpinan Presiden Megawati. Didalam gedung tersebut pun tercatat telah dibuka layanan klinik kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia dan Bank Muamalat.
           Prospek Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati kedepan makin bersinar. Paradigma mutu layanan  akan selalu ditingkatkan. Proses kegiatan berjalan  baik, disiplin staff pengurus menjadi parameter aktifitas organisasi. Dua puluh empat tahun sudah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati ini berada, mungkin bukan waktu yang teramat lama bagi perjalanan sebuah organisasi ini jika dibandingkan dengan organisasi-organisasi yang lain yang lebih tua usianya. Tetapi bukan pula waktu yang teramat pendek untuk menuai prestasi.
            Namun dalam masalah publikasi kegiatan yang bersifat kajian agama Islam, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati masih belum menuai banyak peserta, sehingga terkadang sangat sulit untuk mempublikasikannya kepada masyarak luas. Hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi mengenai keberadaan serta kegiatan yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati terhadap masyarakat luas.



3.2.2 Struktur Organisasi dan Fungsi.

Pembagian tugas dan wewenang serta tanggung jawab dari masing-masing bagian secara garis besar adalah :
1.         Penasehat
Membimbing dan mengawasi jalannya roda organisasi.
2.         Ketua
Menjalani organisasi cabang Muhammadiyah secara garis besar.
3.         Ketua 1
Membidangi Majelis Dikdasmen dan Majelis Ekonomi serta mengawasi kegiatannya.
4.         Ketua 2
Membidangi Majelis Tabligh dan Majelis ZIS Wakaf serta mengawasi kegiatannya.
5.         Ketua 3
Membidangi Majelis Pendidikan Kader dan Majelis MKKM serta mengawasi kegiatannya.
6.         Sekretaris
Penanggung jawab administrasi tata usaha organisasi.
7.         Wakil Sekretaris
Membantu sekretaris dalam proses administrasi tata usaha organisasi.
8.         Bendahara
Penanggung jawab keuangan organisasi.
9.       Majelis Ekonomi
         Menangani masalah ekonomi seperti kantin, penyewaan gedung dan lain-lain
10.      Majelis Dikdasmen
Menangani masalah pendidikan seperti SD, SMP dan SMA.
11.      Majelis Tabligh
Menangani masalah kegiatan syiar Islam.
12.      Majelis ZIS Wakaf
Menangani masalah wakaf tanah dan Zakat, Infak dan Sodaqoh.
13.      Majelis Pendidikan kader
Menangani pendidikan kader Muhammadiyah yang memiliki potensi.
14.      Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Ekonomi (MKKM)
Menangani kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, seperti klinik dan khitanan massal.

3.3. Permasalahan.
          Dari beberapa permasalahan diantaranya adalah :
   a.Kurangnya promosi dari kegiatan-kegiatan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati, sehingga sedikit peserta dari setiap kegiatan yang ada.
  b. Media publikasi yang memerlukan biaya besar, seperti pembuatan spanduk, pamflet dan media publikasi yang lainnya, sehingga terjadi pemborosan biaya setiap kegiatan diselenggarakan.
  c. Kurang dikenalnya perguruan yang dikelolah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati dikarenakan kurangnya publikasi ke media teknologi informasi. Sehingga mengakibatkan kurangnya minat masyarakat menengah ke atas untuk bersekolah di Perguruan yang dikelolah oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati.

3.4 Alternatif Pemecahan Masalah
Berdasarkan penelitian, sebagai alternatif pemecahan masalah diatas maka penulis mengajukan solusi untuk mengurangi permasalahan diatas, sebagai berikut :
Untuk media publikasi dan promosi serta pengenalan organisasi dan kegiatannya, dilakukan dengan media teknologi internet, yaitu dengan membuat sebuah website portal yang akan mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati.


3.5  Arsitektur Web
3.5.1 Design Sistem UML


3.     Statechart Diagram

3.5.2   Manajemen User
Pada Website Portal PCM Kramat Jati ini user terbagi 2 yaitu Administrator dan User yang mempunyai hak akses masing-masing sebagai berikut:
a.     Administrator
Administrator mempunyai hak akses yang paling luas. Data yang sekiranya tidak terlihat bisa dilihat melalui ruang admin. Diantaranya admin bisa mengecek pengisian buku tamu, mengubah dan menambah data berita, artikel dan jadwal kegiatan PCM Kramat Jati. Administrator juga yang memiliki hak untuk mempublish atau unpublish data berita dan data artikel yang dikirim oleh anggota untuk ditampilkan dihalaman index/homepage.
b.    User
User hanya memiliki hak akses untuk mengirim berita dan artikel, serta mengubah data diri user. User juga dapat berdiskusi di forum.

3.5.3   Modul-Modul Web
Web PCM Kramat Jati ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum baik itu informasi tentang profil PCM Kramat Jati, staff pengurusnya, visi dan misi, serta daftar kontak. Pengunjung juga disajikan berita-berita aktual serta artikel-artikel sebagai informasi. Serta apabila seorang pengunjung ( user ) ingin mengirimkan kritik dan sarannya dapat langsung mengisinya melalui buku tamu yang tersedia di halaman index.
Setiap halaman pada web saling berhubungan / Link dimana halaman Index adalah halaman yang pertama kali muncul dan selanjutnya dari halaman Index user diberi kebebasan untuk memilih setiap link yang telah disediakan.

3.5.4   Konstruksi Isi Web
a.         Halaman index.php
Halaman Ini berfungsi sebagai halaman depan / homepage didalam halaman ini terdiri dari informasi PCM Kramat Jati, pengisian buku tamu dan informasi lainnya yang berkenaan dengan kegiatan PCM Kramat Jati, Untuk listing index.php dapat dilihat pada daftar listing A1. Gambaran dari halaman index.php ini adalah:

b.        Halaman Profil.php
Pada halaman profil.php berisi tentang profile dan sejarah PCM Kramat Jati. Listing halaman profil.php dapat dilihat pada daftar listing A2. Gambaran dari halaman profil.php ini adalah :
Gambar III.23 profil.php
 

c.         Halaman visimisi.php
Pada Halaman visimisi.php berisi visi & misi PCM Kramat Jati, untuk listing halaman visimisi.php ini dapat dilihat pada daftar listing A3. Gambaran dari halaman visimisi.php adalah :
 

d.        Halaman pengurus.php
Pada halaman pengurus.php berisi tentang profile pengurus PCM Kramat Jati yang sedang aktif, untuk listing halaman staff.php ini dapat dilihat pada daftar listing A4. Gambaran dari halaman pengurus.php adalah :

3.5.5   Manajemen File
Dalam website portal PCM Kramat Jati  ini memiliki sebuah database yaitu database “webportal” dan memiliki  delapan tabel yaitu :
a.         Tabel Admin
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data admin terdiri dari idadmin, namauser dan password admin.
b.        Tabel berita
Berfungsi untuk menampung data berita yang terdiri dari  idberita, bertanggal, berhari, berpenulis, bersumber, berjudul, berheader, berisi dan  beraktif.

c.         Tabel Artikel
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data artikel terdiri dari idartikel, artanggal, arhari, arkategori, arpenulis, arjudul, arheader, arisi dan  araktif.
d.        Tabel kegiatan
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data kegiatan, terdiri dari idkegiatan, ketanggal,  kehari, kenama, keheader, keisi, dan keaktif.
e.         Tabel bukutamu
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan pesan-pesan dari pengunjung website terdiri dari idbukutamu, tanggal, nama, email, dan isi.
f.       Tabel Anggota
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data user, terdiri dari idanggota, tanggal, hari, namauser, password, nama, jeniskelamin, alamat, kota, pekerjaan, email, telepon, hp, moderator dan anaktif.
g.      Tabel Forum
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data forum diskusi, terdiri dari idforum, fotanggal, fohari, fonamauser, fokategori, dan fotopik.
h.      Tabel komentar
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data komentar forum, terdiri dari idkomentar, kotanggal, kohari, kojam, koidforum, konamauser, dan koisi.
3.5.6   Rancangan Keamanan Web
Didalam perancangan suatu web sangat diperlukan rancangan keamanan yang baik sehingga data-data yang ada pada database akan aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Masuknya seseorang kedalam sistem yang kita buat dikarenakan adanya pintu atau celah, pintu atau celah dari web itu yang perlu kita tutup, pintu seorang hacker dapat masuk melalui form login yang dibuat sehingga untuk merancang form login diperlukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Pastikan form login adalah form dari server
  2. Gunakan format data untuk username dan password
  3. Hindari penggunaan register global
  4. Expired time dari login yang dilakukan
  5. Pastikan file yang tidak boleh diakses tidak dapat dipanggil secara langsung.
3.5.7 Penggunaan Aplikasi
         Berikut ini adalah langkah penggunaan aplikasi dengan menggunakan web server Appserver yang telah terinstal di komputer local.
1.     Buka explorer pada windows anda, lalu simpan file php pada root c:\AppServ\www\portal.
2.     Simpan file data pada root c:\AppServ\MySQL\webportal.
3.     Untuk mengedit file php, gunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004, buka program Macromedia Dreamweaver MX 2004 pada menu start è program è Macromedia è Dreamweaver MX 2004.
4.     Lalu pada buka file pada menu file è open, lalu buka file php pada root c:\AppServ\www\portal.
5.     Jika telah selesai mengedit file php, simpan file tersebut dengan menggunakan kombinasi tombol ctr+s pada keyboard.
6.     Untuk melihat program, buka browser dari menu start è program è Internet explorer. Lalu pada addres bar ketikkan alamat : http://localhost/portal  hingga tampil halaman utama pada program.

         Secara keseluruhan program dapat dilihat dengan memilih link-link menu yang ada pada halaman utama.

3.6    Publikasi Web
         Publikasi website portal  “Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati” ini melalui jasa penyewaan hosting pada sebuah penyedia jasa hosting dari www.rumahweb.com.

3.6.1 Nama Domain
         Registrasi domain name  untuk website portak ini adalah www.pcm-kramatjati.or.id. Pendaftaran registrasi juga melalui jasa dari www.rumahweb.com


3.6.2 Kapasitas Hosting
         Untuk kapasitas yang muncukupi dalam publikasi website portal informasi ini adalah 150 Megabyte. Pendaftaran kapasitas hosting ini juga dari penyedia jasa yang sama yaitu www.rumahweb.com.

3.6.3 Analisa Biaya.
         Analisa biaya dari registrasi domain hingga penyewaan kapasitas hosting dengan menggunakan jasa penyedia hosting dari www.rumahweb.com adalah sebagai berikut :  
         Registrasi domain                        : Rp. 100.000 pertahun
         ( www.pcm-kramatjati.or.id )
         Penyewaan hosting                      : Rp.100.000 pertahun
         ( 500 Megabyte ) 
         Total biaya pertahun                   : Rp. 200.000

         sedangkan kata kunci (metaname) yang digunakan untuk pencarian di situs pencari adalah : Muhammadiyah, PCM Kramat Jati, kramat jati, perguruan muhammadiyah, perguruan, artikel agama, agama, islam, kajian islam dan lain-lain yang berhubungan dengan Muhammadiyah.
Perangkat keras yang diperlukan dalam publikasi web yang dimaksud disini adalah seperangkat alat atau elemen elektronik yang dapat membantu pengelolahan website sehingga website yang diusulkan oleh penulis dapat bekerja dengan baik. Perangkat keras yang dibutuhkan dibagi atas dua bagian, yaitu perangkat keras untuk web server dan perangkat keras client.
Adapun perangkat keras minimal yang diperlukan oleh server adalah sebagai berikut :
a. Processor                  : Pentium IV 2.4 Mhz
b. Memory Size (RAM)   : 1 GB (DDRAM)
c. Monitor                     : SVGA Color 15”
d. Floppy Disk               : 1.44 MB (3.5”)
e. Harddisk                    : 40 GB
f. Keyboard                   : 107 keys
g. Mouse                      : Standard mouse
h. Printer                       : Deskjet

Adapun perangkat keras minimal yang diperlukan oleh client adalah sebagai berikut :

a. Processor                  : Pentium III-1,8  Ghz
b. Memory Size (RAM)   : 256 MB (DDRAM)
c. Monitor                     : SVGA Color 15”
d. Floppy Disk               : 1.44 MB (3.5”)
e. Harddisk                    : 20 GB
f. Keyboard                   : 107 keys
g. Mouse                      : Standard mouse
h. Printer                       : Deskjet

Perangkat lunak adalah suatu rangkaian atau susunan instruksi yang harus benar dengan urutan-urutan yang benar pula Keberadaan perangkat lunak selalu menyertai perangkat keras yang ada. Perangkat lunak yang dibutuhkan dibagi atas dua bagian, yaitu perangkat lunak untuk web server sebagai host web. dan perangkat lunak untuk client.
Adapun perangkat lunak untuk web server adalah sebagai berikut :
a. Sistem operasi          : Windows Server 2003
b. Bahasa Program       : PHP
c. Interpreter                  : PHP4 Engine versi 5.1.6
d. Database Server       : MySQL server versi 5.0.24a
e. Web Server               : Apache versi 1.3.27 (for windows)
f. Database Tools         : PhpMyAdmin versi 2.2.3

Adapun perangkat lunak minimal yang diperlukan untuk client adalah sebagai berikut :
a. Sistem Operasi          : Windows 9x/ME/2000/XP
b. Browse                     : Internet Explorer versi 6.0

Selain komponen sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang telah disebutkan sebelumnya ada komponen tambahan yang dibutuhkan untuk mendukung pembuatan website. Perangkat lunak lainnya tersebut diantara lain:
1.         PHP Editor, berfungsi sebagai media untuk menuliskan scripts PHP. Contoh text editor yaitu Notepad, PHPCoder, PHP Editor, Macromedia Dremweaver dan lain sebagainya Dalam penulisan skrispi ini, digunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004 dalam membantu penggunaan menuliskan perintah-perintah PHP.
2.         Browser, berfungsi untuk melihat tampilan perintah perintah PHP yang telah dijalankan di web server. Contoh browser yaitu: Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Firefox, dan lain-lain. Dalam hal ini penulis menggunakan Firefox.
3.         Photo Editor, berfungsi untuk membuat ataupun mengubah gambar. Dalam hal ini penulis menggunakan Adobe Photoshop 7.0.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1   Kesimpulan
Adapun kesimpulannya adalah sebagai berikut :
1.   Dalam pembuatan skripsi ini penulis kurang memahami dasar dari Unified Modelling Language ( UML ) yang menjadi metode pemodelan visual dalam pembuatan skripsi ini, sehingga penulis mempelajari kembali dasar dari pengenalan objek di metode UML ini.
2.   Dalam pembuatan skripsi ini penulis menghadapi kendala dalam pengumpulan data yang akurat mengenai PCM Kramat Jati karena kesibukan dari ketua yang menjadi salah satu sumber informasi mengenai data organisasi PCM Kramat Jati.
3.  Dalam design web dari website portal ini penulis terbentur oleh logo yang menjadi hak paten website Muhammadiyah pusat (www.muhammadiyah.or.id), sehingga harus meminta ijin dalam menggunakan logo tersebut.
  4.       Website portal informasi ini memiliki berapa keuntungan, sebagai berikut:
a.   Dapat diakses dari mana saja kapan saja melalui jaringan       internet.
b.  Sebagai pusat informasi tentang PCM Kramat Jati dan Muhammadiyah pada umumnya.
c.   Sebagai salah satu alternatif media informasi mengenai informasi jadwal kegiatan yang diselenggarakan oleh PCM Kramat Jati.
d.   Sebagai salah satu alat komunikasi sesama anggota Muhammadiyah dan masyarakat didalam forum diskusi yang ada didalam website portal informasi PCM Kramat Jati ini.
d.   Memiliki level akses yang bertingkat sesuai dengan pengugunanya (admin dan user).
5.   Dalam teknologi pemrograman aplikasi berbasis web yang telah dikembangkan, PHP dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan utama dalam pembuatan apliksai berbasis web karena keunggulannya dan kemudahan dalam pemakaian.
6.   MySQL sebagai server database untuk aplikasi PHP, terutama dalam sistem operasi linux. Kemudahannya dalam integrasi ke berbagai aplikasi web (terutama PHP) cukup membantu dalam pengembangan website portal PCM Kramat Jati.
4.2. Saran
Dalam pengelolahan website portal  informasi PCM Kramat Jati ini penulis menyarankan :
1. Agar digunakan oleh orang-orang yang benar-benar telah memahami dasar-dasar komputer agar dalam proses pengolahaan website bisa lebih teliti dan cermat hingga informasi yang dihasilkan dari data masukan (posting) dapat benar dan akurat.
2.  Perlu diadakan pelatihan bagi staff yang akan mengelolah website portal ini, dimana pelatihan tersebut akan memberikan pengarahan kepada staff yang nantinya akan bertindak sebagai administrator website portal ini.
3.   Dalam perancangan website ini masih sederhana dalam hal fitur yang ditawarkan, semoga dalam pengembangannya dapat dibuat fitur-fitur (menu) baru. Seperti menu e-learning untuk masyarakat yang ingin belajar ilmu agama Islam.


Selain itu juga penulis menyadari bahwa website portal informasi PCM Kramat Jati ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat diharapkan oleh penulis.



DAFTAR PUSTAKA


Firdaus. 2007. PHP & MySQL dengan Dreamweaver      
            Penerbit Maxikom. Palembang.

Hakim, Lukmanul. Uus Musalini. 2006. Buku Sakti menjadi
programer sejati PHP. Penerbit Solusi Media. Yogyakarta.

Jayan. 2007. Desain Situs Keren dengan Photoshop dan
Dreamweaver. Penerbit Maxikom. Palembang.

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML.
            Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Maysaroh. 2007. Sistem Informasi Pengolahan data dan Nilai
Siswa Pada SMU Muhammadiyah 13 Jakarta Dengan
menggunakan PHP dan MYSQL. STMIK Nusa Mandiri.
Jakarta.

Sunarfrihantono, Bimo ST. 2002. PHP dan MYSQL Untuk Web.
            Penerbit Andi. Yogyakarta.

Siswoutomo, Wiwit. 2007. Fundamental of PHP Security!.
            Penerbit Elek Media Komputindo. Jakarta.

Sutisna, Dadan. 2007. 7 Langkah Mudah Menjadi Webmaster.
            Penerbit Media Kita. Jakarta.

Utdirartatmo, Firrar. 2006. Segudang Trik Pengembangan Situs
Web (Memanfaatkan HTML, Javascript, dan CSS Secara
Kreatif). Penerbit Andi. Yogyakarta.



1 Response to "Kumpulan Skripsi teknik informatika lengkap PERANCANGAN WEBSITE PORTAL INFORMASI "

  1. Thanks informasi artikelnya sangat bermanfaat sekali,....

    ReplyDelete